Doa akan Terkabul Selagi tak Minta Dua Hal Ini

Al-Qur’an menganjurkan kepada umat Islam agar selalu berdoa untuk kebaikan dirinya dan orang lain. Bahkan orang yang tak mau berdoa akan mendapatkan kemurkaan Allah. Perintah berdoa ini sebagai bentuk pengakuan bahwa hamba tak mampu melakukan apapun tanpa pertolongan dari-Nya.

Ada dua doa yang tak akan dikabulkan oleh Allah dikarenakan membawa dampak negatif kepada orang lain. Hal ini seperti dalam sebuah Hadits Nabi,

وعن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: “ما على الأرض مسلم يدعو الله تعالى بدعوة إلا آتاه الله إياها، أو صرف عنه من السوء مثلها. ما لم يدع بإثم، أو قطيعة رحم”فقال رجل من القوم: إذا نكثر. قال:”الله أكثر”.
رواه الترمذي

Artinya:”Diriwayatkan dari Ibadah bin Shamit RA bahwasanya Rasulullah Saw bersabda:”Bila diatas bumi ini ada seorang muslim berdoa maka Allah akan mengabulkannya atau menjauhkan dari keburukan selagi tak berdoa yang mengandung unsur doa atau memutus silaturahmi. Seseorang dari mereka berkata:” Jadi kita harus memperbanyaknya! kemudian Rasulullah bersabda:”Allah yang akan memperbanyak. (HR. Tirmidzi).

Baca: https://masholeh.com/tiap-hari-dua-malaikat-turun-ke-bumi-untuk-mendoakan-golongan-ini/

Dalam Dalil Al-Falihin menjelaskan bahwa doa yang ditujukan untuk kemaksiatan atau ada unsur dosa maka tak akan dikabulkan oleh Allah karena pada dasarnya Dia tak menyukai kemaksiatan atau kedzaliman.

Orang yang mau berdoa tak akan merugi hidupnya, maka jangan berputus asa untuk meraih cita-cita yang diharapkan. Hal ini didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Hakim

وعن أنس رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا تعجزوا في الدعاء فإنه لن يهلك مع الدعاء أحد.
رواه الحاكم في المستدرك

Artinya:” Diriwayatkan dari Anas RA berkata: Rasulullah bersabda:”Jangan lemah dalam berdoa karena tak ada orang yang hancur disebabkan doa. (HR. Hakim dalam kitab Mustadrak).

Baca: https://masholeh.com/7-alasan-doa-tak-dikabulk/

Penjelasan diatas mengisyaratkan bahwa peranan doa sangat penting dalam kehidupan, maka berdoalah niscaya Allah mengabulkannya.

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *