Doa Nabi agar Mudah Mendapatkan Rizki

Bila ingin rizkinya dimudahkan oleh Allah hendaknya membaca doa Nabi Muhammad ini

Setiap manusia dibekali oleh Allah dengan berbagai macam fasilitas mulai dari badan yang sehat, akal yang cermat, penglihatan yang akurat, jalan bisa cepat, semuanya sebagai pendukung agar manusia mampu berusaha untuk menggapai sesuatu yang ia harapakan.

Allah memberikan anugerah ini agar manusia mampu memimpin dirinya sendiri sehingga tak mudah mengeluh, menggantungkan diri kepada orang lain. Bukti keagungan Allah adalah menciptakan makhluknya dengan berbagai variasi ada yang kaya dan miskin, juga ada yang pintar dan kurang. Hikmahnya adalah agar manusia saling menghormati dan membantu satu dan yang lainnya.

Salah satu doa Nabi Muhammad saw agar dimudahkan dalam urusan rizki adalah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

Allahumma inni a’udzhubika minal faqri wal qillah waadzillah wa’audzu bika min an Udzlima au Udzlam

Ya Allah aku berlindung kepada engkau dari kefakiran dan sedikit rizki dan kehiaan, juga aku meminta perlindungan kepada engkau supaya diriku tak menganiaya atau menjadi terdzalimi.

Hal ini sesuai hadist Nabi Muhammad saw

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَقُولُ « اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْقِلَّةِ وَالذِّلَّةِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ ». رواه أبو داود

Artinya:

Diriwayatkan dari Abi Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad saw berdoa: Ya Allah aku berlindung kepada engkau dari kefakiran dan sedikit rizki dan kehiaan, juga aku meminta perlindungan kepada engkau supaya diriku tak menganiaya atau menjadi terdzalimi. (HR. Abu Dawud).

Menurut Syeh Badruddin al-Aini dalam syarah Abu Dawud menjelaskan bahwa doa tersebut berisi tentang permintaan perlindungan dari kefakiran urusan harta maupun harga diri yang sering mudah mengeluh kepada orang lain. Di dalam doa ini juga berisi agar dijauhkan dari segala kedzaliman yang dilakukan diri dengan tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya. Hal ini sungguh merugikan dirinya dan orang lain.

Maka dari itu, doa ini perlu dibaca dengan harapan tercukupi segala kebutuhannya baik materi maupun nn materi.

Leave a Reply