Doa Rasulullah Saat Pagi dan Sore

Nikmat kesehatan dan keselamatan sungguh mahal harganya karena tanpanya seseorang tak mampu beraktivitas, beribadah kepada Allah terutama saat ada wabah pandemi covid 19 seperti saat ini. Doa ini penting untuk dibaca

Salah satu bukti Rasulullah sebagai pribadi yang tulus dan ikhlas serta selalu berdoa supaya diberikan kesehatan, kesempatan, serta selalu terjaga dari musibah terlihat dari beberapa doa yang sering belia panjatkan saat pagi dan sore yang berisi permintaan supaya diberikan kesehatan saat di dunia sampai di akhirat.

Nikmat kesehatan dan keselamatan sungguh mahal harganya karena tanpanya seseorang tak mampu beraktivitas, beribadah kepada Allah terutama saat ada wabah pandemi covid 19 seperti saat ini.

Begitu juga nikmat tertutupinya segala kekurangan, aib merupakan kenikmatan tersendiri karena pada dasarnya setiap orang memiliki banyak kekurangan, celah yang menjadikan ketakutan tersendiri saat orang lain mengetahuinya.

Doa Rasulullah Saat Pagi dan Sore

Salah satu doa yang dilakukan Rasullullah saat pagi dan sore seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, Imam Nasa’i dan Imam Hakim yaitu

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ استُرْ عَوْرَاتي، وآمِنْ رَوْعَاتي، اللَّهمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَينِ يَدَيَّ، ومِنْ خَلْفي، وَعن يَميني، وعن شِمالي، ومِن فَوْقِي، وأعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحتي

Allahumma Inni As’aluka Al Afiyah fi Ad Dunnya wal Akhirat, allahumma inni As’aluka Al Afwa wal Afiyata di dini wa dunyaya wa Ahli wa maali, allahummastur aurati wa Amin rau’ati, allahummahfadzni min baina yadayya wa min Khalfi wa An Yamini, wa An Syimali wa min Fauqi waa’udzu bi adzamatika An ughtala min tahti.

Artinya:

Ya Allah aku meminta kepadaMu kesehatan saat di dunia dan di akhirat, Ya Allah aku meminta maaf dan pengampunan dalam urusan agamaku juga dalam urusan duniaku, keluargaku dan hartaku, Ya Allah tutupi kekuranganku dan tentramkan hatiku, Ya Allah lindungilah diriku dari arah depan, belakang, kanan, kiri juga dari atas, aku meminta perlindungan dengan keagungan-Mu dari upaya makar dari bawah.

Dari sini, penting kiranya umat Islam memperbanyak doa tersebut saat pagi dan sore supaya mendapatkan kesehatan, keselamatan dan selalu mendapatkan perlindungan dari Allah.