Doa Tanpa Usaha, apakah Sia-sia? - masholeh.com
0 views

Doa Tanpa Usaha, apakah Sia-sia?

Ulama' yang terkecoh Jama'ahn

Islam menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah sebagai Tuhan, tempat mengeluh, mengadu akan permasalahan yang dihadapi baik urusan dunia maupun akhirat dengan memperhatikan syarat-syarat berdoa agar segera terkabulkan.

Banyak orang yang salah paham  mengenai peranan doa yang tak dibarengi dengan usaha. menurut mereka, Allah akan mengabulkan permintaan yang ia inginkan walau tanpa usaha.

Apa benar demikian?

Pada prinsipnya, Allah akan mengabulkan doa hambanya jika disertai usaha yang maksimal. Misalnya seseorang meminta kekayaan yang banyak namun dirinya tak mau bekerja ataupun berusaha untuk mencarinya, kira-kira Allah memberikan kekayaan kepada orang itukah?

Hanya Allah yang Tahu jawabnya.

Salah satu penyebab doa tak dikabulkan oleh Allah adalah berdoa namun tak dibarengi dengan usaha. Padahal Allah telah mengingatkan hambanya lewat firman-nya

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.( Al Ankabut: 69).

Doa tanpa usaha sia-sia
Doa tanpa usaha sia-sia

Menurut imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa Allah akan memberikan petunjuk dan anugerahnya kepada hamba yang mau mengamalkan sesutu yang ia ketahui. Ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan kemuliaan harus dengan usaha yang maksimal tak cukup dengan doa semata.

Imam Abu Lais As Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin menjelaskan bahwa salah satu doa yang tak didukung dengan usaha maka akan sia-sia. Pada hakikatnya bila seseorang berdoa agar diberikan kebaikan namun tak  mau berusaha dan tak mendayagunakan segala tenaga, pikiran untuk mewujudkan.

Hal ini penting kiranya usaha secara maksimal yang dijadikan sebagai sarana mewujudkan isi doa orang tersebut.