Doa Tolak Bala dan Artinya - masholeh.com
3 views
durhaka kepada anak

durhaka kepada anak

Manusia selalu berharap agar dirinya dan keluarga juga kelompoknya dalam keadaan baik dijauhkan dari segala macam bala’. Untuk menyikapinya dibutuhkan kesadaran bahwa segala macam musibah seperti sakit ternyata banyak hikmah di dalamnya, diantaranya adalah diampuni dosa-dosanya.

Agar manusia terhindar dari bala’, Nabi Muhammad Saw mengajarkan kepada Umatnya agar memperbanyak membaca doa saat melihat, bertemu dengan orang yang terkena bala’ terutama doa ini

الحمدُ للهِ الذي عافَانِي مِمَّا ابْتلاكَ به ، و فَضَّلَنِي على كَثيرٍ مِمَّنْ خلق تَفضِيلًا

Alhamdulillah alladzi Afani mimma ibtalaaka bihi wa faddholani ala katsirin mimma khalaqa tafdhiila

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan.

Baca juga:

Saat Menghadapi Urusan yang Sulit, Baca Doa Ini

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dijelaskan bahwa ketika ia melihat orang yang terkena bala’ atau musibah lantas ia berdoa seperti doa diatas maka ia akan selamat
dari segala macam bala’ atau musibah.

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir mengutip pendapat imam Nawawi yang menjelaskan bahwa sebaiknya orang yang berdoa ini membacanya sebatas dirinya saja yang mendengarnya. Maka dari itu, Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu berdoa dan bersyukur agar kehidupannya menjadi makmur serta tak menjadi tersungkur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *