doa nabi

Doa Umar Bin Abdul Aziz

Salah satu Khalifah yang dikenal sangat adil adalah Umar bin Abdul Aziz. Ia juga dikenal sebagai ulama’ yang alim dan mampu mengamalkan ilmunya, bahkan ia dijuluki sebagai seorang Mujaddid pertama dalam dunia Islam.

Di dalam kitab Hilyatul Aulia karya Abu Na’im mengutip doa Umar bin Abdul Aziz:

قَالَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ : ” اللَّهُمَّ إِنْ لَمُ أَكُنْ أَهْلا أَنْ أَبْلُغَ رَحْمَتَكَ ، فَإِنَّ رَحْمَتَكَ أَهْلٌ أَنْ تَبْلُغَنِي ، رَحْمَتُكَ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ ، وَأَنَا شَيْءٌ ، فَلْتَسَعْنِي رَحْمَتُكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ ، اللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ قَوْمًا ، فَأَطَاعُوكَ فِيمَا أَمَرْتَهُمْ ، وَعَمِلُوا فِي الَّذِي خَلَقْتَهُمْ لَهُ ، فَرَحْمَتُكَ إِيَّاهُمْ كَانَتْ قَبْلَ طَاعَتِهِمْ لَكَ ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ “

Artinya: Ya Allah, jika aku tak pantas menyampaikan rahmat-Mu, maka Rahmat engkau telah sampai kepadaku, rahmat-Mu melebihi segala sesuatu. Aku hanya bagian dari sesuatu itu, Maka limpahkan rahmat-Mu kepadaku wahai Tuhan Maha Penyayang di antara semua yang penyayang. Ya Allah sesungguhnya engkau telah menjadikan sebuah kaum, maka mereka taat kepada-Mu atas apa yang telah engkau perintahkan, serta mereka berbuat kebaikan atas izin engkau. Rahmat engkau telah mendahului ketaatan mereka, wahai Tuhan Maha Penyayang di antara semua yang penyayang.

Doa ini sebagai gambaran beliau sebagai Khalifah yang sangat sayang kepada rakyatnya, serta mempunyai prilaku yang santun dalam kehidupan sehari-hari.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *