Doa Yang paling didengar Allah

Salah satu hikmah  berdoa adalah sebagai bentuk pengakuan diri seorang hamba atas ketidakberdayaan nya dihadapan sang pencipta. hal ini juga sebagai sarana penghubung yang intens untuk mencurahkan segala permasalahan yang dihadapi kepada Dzat yang maha sempurna lagi maha segala-galanya.

Imam as-Suyuti dalam sebuah karyanya yang berjudul Siham al-Ishabah fi ad-Da’awat al-Mustajabah menjelaskan salah satu tanda doa dikabulkan oleh Allah, diantaranya berkaitan dengan waktu dan tempat.

Salah satu tempat  mustajab yang diabadikan oleh Al-Qur’an adalah Miharabnya Siti Maryam, di tempat  itu Nabi Zakaria berdoa agar diberikan keturunan, dan Allah mengabulkan doanya.

Selain yang berkaitan dengan tempat, juga ada waktu-waktu yang paling didengar oleh Allah. Imam Nawawi dalam kitab Riyadh u as-Shalihin mengutip sebuah hadits Nabi yang berbunyi:

ﻭﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺃﻣﺎﻣﺔ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﻗﻴﻞ ﻟﺮﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﺃﻱ اﻟﺪﻋﺎء ﺃﺳﻤﻊ؟ ﻗﺎﻝ:”ﺟﻮﻑ اﻟﻠﻴﻞ اﻵﺧﺮ، ﻭﺩﺑﺮ اﻟﺼﻠﻮاﺕ اﻟﻤﻜﺘﻮﺑﺎﺕ “ﺭﻭاﻩ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻗﺎﻝ: ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Umamah RA. Ia berkata: Nabi ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah. Kemudian Nabi menjawab: yaitu di tengah malam yang akhir (sepertiga malam), dan setelah shalat fardhu. (HR. Tirmidzi, ia berkomentar bahwa hadis ini derajatnya Hasan).

Dari penjelasan ini dapat diambil hikmah bahwa Doa yang dikabulkan oleh Allah yang berkaitan dengan waktu adalah

Pertama, di waktu sepertiga malam, karena di waktu ini kebanyakan manusia terlelap dalam tidurnya, sehingga orang yang berdoa di waktu ini benar-benar ikhlas karena Allah, bukan karena yang lain, ia berkomunikasi dengan-Nya tanpa ada manusia yang mengetahuinya. Maka dari itu jangan mudah mencela orang cuma gara-gara penampilan nya yang kurang sopan, atau prilakunya yang kurang baik. Bisa saja ia diberi keistimewaan  untuk berdoa  disaat orang lain terlelap, dan doanya dikabulkan.

 

Kedua, setelah shalat fardhu, pada waktu ini doa akan cepat dikabulkan. Sayangnya sedikit manusia yang mengerti tentang waktu seperti ini. Kebanyakan dari mereka, setelah shalat bukanya doa Allahumma Anta As-Salam, tapi Allahumma lantas jalan alias langsung kabur tanpa doa terlebih dulu. Sungguh sangat disayangkan.

Untuk itu pergunakan kedua waktu itu untuk berdoa agar dimudahkan segala urusannya, dan selalu mendapatkan hidayah-Nya.

 

Gg. Mujair, 21-10-2018, 21:45 WIB

 

Bagikan

Satu Balasan pada “Doa Yang paling didengar Allah”

Tinggalkan Balasan