Dosa Terampuni Gara-gara Membaca Rutin Surat Ini

Allah Maha pengampun kepada hambanya yang selalu berharap akan ampunannya. Banyak amalan yang dilakukan manusia bila ia mengetahui rahasianya niscaya ia akan selalu membacanya disebabkan pahala yang berlimpah dan terampuni dosa-dosanya.

Salah satu surat bila selalu dibaca maka akan mendatangkan ampunan (magfirah) dari-Nya yaitu Surat Yasin. Imam al-Mundziri dalam at-Targib wa at-Tarhib mengutip sebuah Hadits,

ﻭﻋﻦ ﺟﻨﺪﺏ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﺲ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ اﺑﺘﻐﺎء ﻭﺟﻪ اﻟﻠﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ
ﺭﻭاﻩ ﻣﺎﻟﻚ ﻭاﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ ﻭاﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤه

Artinya: Diriwayatkan dari Jundub RA berkata: Rasulullah bersabda:”Barangsiapa yang membaca Surat Yasin pada malam hari dengan tujuan mencari Ridha-Nya maka ia akan diampuni dosanya. (HR. Malik, Ibnu Sunny, Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya).

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa amalan berupa membaca surat Yasin bila dibiasakan akan membawa dampak positif bagi kehidupan di dunia dan akhirat terutama nikmat yang berupa pengampunan dosa. Salah satu tanda orang yang beruntung adalah mendapatkan ampunan dari Tuhan sehingga Malaikat selalu dekat, dan selalu diberikan nikmat. Maka dari itu, setiap muslim seharusnya berupaya untuk selalu membacanya dengan istiqamah agar mendapatkan karamah.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *