Dr. Suess dan Animasi Film Anak

Kamu adalah dirimu. Tidak ada yang dapat hidup dan memerankan dirimu lebih baik dari dirimu sendiri. Jadi jangan pernah menjadi orang lain. _Dr. Seuss

Kalimat tersebut merupakan salah satu kutipan dari seorang penulis. Pecinta animasi anak-anak pasti pernah mendengar nama tersebut. Terlebih yang sudah khatam membaca buku kesusastraan anak jaman dahulu. Atau pernah dengar nama penulis seperti Theo. LeSieg dan Rosetta Stone? Ya. Dua nama tersebut merupakan nama pena lain dari dr. Seuss.

Theodor Seuss Griselda (2 Maret 1904 – 24 September 1991) atau lebih dikenal dengan Dr. Seuss merupakan pengarang dan kartunis berkebangsaan Amerika yang dikenal karena buku anak-anaknya. Salah satu karyanya yang sangat terkenal yaitu “The Cat in The Hat”.

Dr. Suess dan Animasi Film Anak

Buku yang terbit tahun 1957 ini berkisah tentang kucing yang diilustrasikan menyerupai manusia bertopi tinggi strip merah putih dilengkapi dasi kupu-kupu di lehernya. Kucing tersebut mewarnai hari-hari Sally dan Conrad. Karena cukup menarik, buku ini difilmkan pada tahun 2003 dengan pemain yang cukup terkenal seperti Mike Mayers sebagai tokoh utama, Dakota Fanning, Spencer Breslin dan sederet artis kenamaan lainnya. Bahkan Paris Hilton pun ikut meramaikan film ini.

Karya Dr. Seuss yang difilmkan lagi salah satunya yaitu The Lorax pada tahun 2012. Film yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama ini lebih menunjukkan bagaimana seharusnya kita mencintai lingkungan.

Di film ini mengisahkan betapa sulitnya mendapat udara bersih, bahkan salah satu pemerannya sangat ingin melihat pohon asli yang nyata. Karena selama ini ia hanya melihat benda-benda plastik. Ya walau ada bumbu-bumbu romantis di dalamnya. Film yang didubbing oleh artis kenamaan seperti Zac Efron dan Taylor Swift ini ditayangkan sekaligus memperingati ulang tahun dr. Seuss yang ke-108. Hal tersebut menunjukkan betapa dr. Seuss masih hidup walau sudah tutup usia.

Ilustrasi kreatif yang mudah diingat sebagai tokoh juga sajak atau kutipan kalimat yang tepat mengena membuat banyak karya beliau sangat pantas untuk difilmkan. Mengingat sekarang banyak film anak-anak yang kurang sesuai dengan usia. Saya pikir semua film animasi anak-anak karya Dr. Suess sangat pantas dijadikan referensi sebagai film keluarga yang harus masuk list sebagai penghangat kebersamaan berkumpul bersama keluarga.