Empat Ciri Orang Beruntung yang Perlu Kamu Ketahui - masholeh.com
1 views
Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Kitab Waraqat bag. 4 tentang Pembagian Kalam dalam Ilmu Usul Fikih

Setiap orang mendambakan keberuntungan di dunia dengan tercukupi secara materi seperti kendaraan yang mewah, rumah yang megah maupun non materi seperti kedudukan, jabatan. Begitu juga keinginan sentosa dalam urusan akhirat dengan mendapatkan pahala yang berlipat.

Imam al-Mundziri dalam Kitab at-Targib wa at-Tarhib mengutip sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Abbas:

ﻭﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﺃﺭﺑﻊ ﻣﻦ ﺃﻋﻄﻴﻬﻦ ﻓﻘﺪ ﺃﻋﻄﻲ ﺧﻴﺮﻱ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭاﻵﺧﺮﺓ ﻗﻠﺒﺎ ﺷﺎﻛﺮا ﻭﻟﺴﺎﻧﺎ ﺫاﻛﺮا ﻭﺑﺪﻧﺎ ﻋﻠﻰ اﻟﺒﻼء ﺻﺎﺑﺮا ﻭﺯﻭﺟﺔ ﻻ ﺗﺒﻐﻴﻪ ﺣﻮﺑﺎ ﻓﻲ ﻧﻔﺴﻬﺎ ﻭﻣﺎﻟﻪ

ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺟﻴﺪ

Artinya: Diriwayatkan dari Sahabat Ibnu Abbas RA bahwasanya Nabi bersabda: Ada empat kategori orang yang mendapatkan keberuntungan dunia dan akhirat. Pertama, Orang yang mempunyai hati yang bersyukur. Kedua, orang yang lisannya selalu dzikir. Ketiga, orang yang selalu bersabar ketika mendapatkan bala’. Keempat, Orang yang mempunyai istri Shalihah tak ada niat untuk berbuat dosa untuk dirinya dan harta suaminya. (HR. Thabrani)

Dari penjelasan Hadits diatas dapat dipahami bahwa orang yang beruntung di dunia dan akhirat mempunyai empat ciri-ciri, yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *