ilmu, nasehat, Empat Hal ini, Islam menjadi Kokoh

Empat Hal ini, Islam menjadi Kokoh

Sebuah pohon akan tumbuh menjadi besar dan kokoh, bila selalu dirawat, dipupuk, bahkan dibersihkan dari segala hama maupun penyakit, serta mendapatkan pancaran sinar matahari.
Begitu juga Agama Islam akan selalu bertahan lama, dan bertambah kuat bila selalu terpenuhi elemen pilar penyokongnya.

Abu Al-lais Assamarqandi dalam kitab Tanbih Al-Gofilin mengutip perkataan Sahabat Ali bin Abi Tholib yang menjelaskan bahwa: Islam akan selalu tegak atau kokoh, bila empat hal ini terpenuhi.

Pertama, Yakin. Para Ulama’ memberi penjelasan bahwa dalam upaya merealisasikan kepada umat Islam supaya lebih yakin dalam hidupnya, bisa melalui dua cara:

a. Beramal hanya karena Allah, bukan untuk kepentingan duniawi semata, atau gila pujian manusia.

b. Yakin bahwa setiap Makhluk yang diciptakan oleh Allah pasti sudah ada jatah rizkinya masing-masing, yang terpenting usaha yang maksimal dan doa yang optimal
sudah dilakukan.

Kedua, Adil. Gambaranya adalah bila kita mempunyai hak atau tanggungan dengan orang lain, maka berikanlah segera sebelum diminta sama orang yang pemiliknya, atau bila orang lain mempunyai tanggungan miliknya, maka ketika ia hendak memintanya maka dengan cara yang baik dan sopan.

Ketiga, Sabar. Yaitu berusaha semaksimal mungkin untuk selalau menjalankan segala kewajiban sebatas kemampuannya serta menjauhi segala larangan-Nya.

Keempat, Jihad, terutama. musuh abadiku adalah syaitan yang hendak menyesatkanmu.
Kebanyakan fitnah berawal dari urusan harta, maka tak usah terlalu tergiur dengannya.

Ke-empat hal diatas bila dipraktekkan oleh pemeluknya niscaya Islam akan menjadi kokoh, karena para pemeluknya kuat secara fisik maupun mentalnya, terutama siap dalam menghadapi rintangan apapun.

Oleh:Moh Afif Sholeh

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *