Fitnah Akhir Zaman: Penyebab Hancurnya Agama - masholeh.com
1 views
Fitnah Akhir Zaman: Penyebab Hancurnya Agama

Fitnah Akhir Zaman: Penyebab Hancurnya Agama

Ujian Terbesar umat manusia dalam urusan agama manakala ajaran ajarannya hanya dibuat retorika belaka terutama untuk mendapatkan keuntungan sesaat. Kenapa demikian?

Islam datang membawa perubahan di tengah masyarakat dikarenakan inspirasi Al Qur’an yang selalu mengajarkan kebenaran bukan pembenaran, memberikan solusi bukan mencaci, mengingatkan persatuan bukan memperbesar permusuhan.

Saat umat Islam sudah tak peduli urusan agamanya maka hal ini sebagai pertanda hancurnya ruh ajarannya terutama saat orang yang alim, orang yang tahu agama tapi tak mempraktekkan ajarannya sehingga nampak orang jahil yang lebih islami, lebih terlihat sibuk beribadah sehingga masyarakat mencontohnya.

Sumpah Iblis ketika Diusir dari Surga
Fitnah Akhir Zaman: Penyebab Hancurnya Agama

Akhirnya timbul kerusakan dimana-mana, idealnya orang yang alim mengamalkan ajaran lebih dahulu dan selalu menuntun orang yang tak tahu agar menjadi tahu sehingga amalnya berdasarkan ilmu bukan karena pengaruh hawa nafsu.

Syeh Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim mengutip perkataan ulama pengarang kitab Al Hidayah yang memprediksi fenomena ini

فسَادٌ كَبيرٌ عَالمٌ مُتَهتِّكُ

وأَكبَرُ مِنهُ جَاهِلٌ مُتَنسِّك

              هما فِتنَةٌ في العَالمينَ عَظِيمَة

لمن بهِما في دِينِه يتَمسّكُ

Akan terjadi kerusakan besar saat ada orang alim tapi tak mau mengamalkan ilmunya dan saat orang jahil giat beribadah. Keduanya menjadi sumber fitnah  besar di muka bumi terutama bagi pengikut mereka.

Saat ini, fenomena tersebut sudah mengemuka berapa banyak orang pintar tapi prilakunya tak benar bahkan sering bikin onar. Begitu pula berapa banyak ahli ibadah yang giat beribadah namun tak didasari ilmu yang menuntunnya tanpa disadari amalannya tak diterima.

Dari sini, untuk menyikapinya diperlukan kesabaran dan bijaksana menghadapinya terutama untuk selalu menambah ilmu, wawasan sehingga keimanan bertambah juga harus membuka diri akan perkembangan teknologi dan mampu menyikapi perubahan zaman.