Tujuan manusia diciptakan untuk hal ini - masholeh.com
0 views
pesan abu darda'

pesan abu darda'

Manusia diciptakan oleh Allah tidak lain untuk mengabdi, taat akan perintah-Nya. Hal ini bertujuan untuk kebaikan dirinya sendiri karena pada dasarnya Allah tak butuh ibadah hambanya. Seumpama semua makhluk tidak taat kepadanya maka hal itu tak akan mengurangi kekuasaan-Nya. Allah Maha sempurna tak butuh bantuan hamba-Nya.

Seorang hamba akan mendapatkan balasan dari apa yang telah ia perbuat, bila berbuat baik maka akan mendapatkan kebaikan itu, sebaliknya bila ia melakukan keburukan maka akan kembali kepada dirinya sendiri.

baca juga: Tahukah Kamu Empat Fase yang akan dilalui Manusia, ini Penjelasannya

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam al-Bukhari berisi tentang hak hamba yang akan diterima bila telah melakukan kewajiban yang Allah perintahkan.

عن معاذ بن جبل قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم: «يا معاذ أتدري ما حق الله على العباد؟»، قال: الله ورسوله أعلم، قال: «أن يعبدوه ولا يشركوا به شيئا، أتدري ما حقهم عليه؟»، قال: الله ورسوله أعلم، قال: «أن لا يعذبهم. رواه البخاري

Artinya:”Dirii dari Mu’adz bin Jabal berkata: Nabi Saw bersabda:”Wahai Mu’adz, tahukah kamu akan hak Allah yang wajib dilakukan oleh hamba-hamba-Nya?Mu’adz berkata: “Allah dan Rasulnya lebih mengetahuinya.” Lantas Nabi menjawab:” yaitu menyembah-Nya dan tak menyekutukan-Nya dengan apapun. Tahukah kamu hak hamba yang harus diberikan oleh Allah?Mu’adz berkata: “Allah dan Rasulnya lebih mengetahuinya.” Lantas Nabi menjawab:” yaitu Allah berhak untuk tak menyiksanya (adzab). (HR.Bukhari).

baca juga: Dalam urusan Rizki, ini Kriteria Manusia yang paling Beruntung

Dari penjelasan ini, orang yang memegang keyakinan akan keesaan Allah sampai ia meninggal dunia maka akan mendapatkan kedudukan yang istimewa dihadapan-Nya. Hal ini berkat dirinya yang telah memberikan hak yang berkaitan dengan Allah sebagai Tuhannya dan pencipta-Nya maka dari itu seseorang yang berharap mendapatkan kenikmatan akhirat maka ia harus beramal tak sekedar berangan-angan belaka yang akan mendatangkan malapetaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *