Hewan Ini Mengajak Orang Untuk Shalat

Setiap makhluk yang diciptakan oleh Allah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri baik berupa manusia, hewan, tumbuhan, bebatuan maupun yang lain. Hal ini menjunjukkkan bahwa Allah mampu dan kuasa atas segala-galanya.

Salah satu hewan yang memiliki keistimewaan membangunkan manusia untuk shalaat yaitu ayam jago. Maka islam melarang kepada hambanya untuk tak mencela atau melaknat hewan itu gara-gara mengganggu tidurnya. Imam Abu Dawud dalam kitab Sunan-nya mengutip sebuah hadist Nabi,

عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تَسُبُّوا الدِّيكَ فَإِنَّهُ يُوقِظُ لِلصَّلاَةِ ».رَوَاهُ أَبُوْ دَاودَ

Artinya:”diriwayatkan dari Zaid bin Khalid berkata:”Rasulullah bersabda:”janganlah engkau mencela ayam jago karena ia membangunkan shalat,” (HR. Abu Dawud).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir  menjelaskan bahwa hadist diatas berisi tentang larangan mencela ayam yang berkokok karena ia mengingatkan kepada umat manusia untuk melaksanakan shalat. Pada dasarnya orang yang membantu orang lain dalam kebaikan maka ia berhak menerima pujian bukan cacian atau celaan.

Sedangkan menurut imam Halimi yang dikutip dalam at-Tanwir syarah Jami’ as-Shagir menjelaskan bahwa ayam jago berkokok atas ilham yang diberikan oleh Allah terutama waktu sahur dan menjelang shubuh maupun waktu masuk shalat. Dari sini pentingnya shalat sampai hewan yang tak berakat mengingatkan juga.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *