Ibadah shalat sujud ruku', ikhlas

Hikmah 2 Kalimat Syahadat

Islam sebagai agama yang mengajarkan kasih sayang kepada umatnya  serta memberikan rambu-rambu maupun aturan agar mereka selalu mendapatkan bimbingan dari Allah yang maha Kuasa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan yang merupakan inti dari Islam itu sendiri.

Salah satu rukun Islam yaitu syahadat atau memberikan kesaksian bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah atau lebih dikenal dengan syahadat Tauhid. Disamping itu juga mengakui Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam sebagai utusan-Nya atau biasa disebut Syahadat Rasul.

Maksud dari dua kalimat Syahadat sebagai bentuk pengakuan (ikrar) dan ketundukan terhadap Allah Dzat yang Maha Esa tiada sekutu maupun yang menandingi-Nya.

Hikmah 2 Kalimat Syahadat
Hikmah 2 Kalimat Syahadat

Syeh Abdurrahman Ad Dimasyqi dalam Kitab Jami’ Al Ulum Wa Hikam menegaskan bahwa Kedua kalimat syahadat ini sebagai simbol keislaman dan bukti seseorang sudah menjadi seorang muslim. Imam Ibnu Hajar dalam kitab Az Zawajir menjelaskan bahwa dalam pengucapan kedua kalimat Syahadat ini harus berurutan tidak boleh dibalik maksudnya Syahadat Tauhid dulu lalu Syahadat Rasul.

Keistimewaan Kalimat Syahadat

Kalimat Syahadat memiliki peranan penting bagi kehidupan seorang muslim diantaranya

Pertama. Orang yang mengucapkannya dengan ikhalas dan pengakuan diri yang sejati maka ia akan diselamatkan oleh Allah dari siksaan neraka.

Kedua. orang yang akhir hayatnya mengucapkan dua kalimat syahadat maka akan dijamin masuk surga.

Dari sini, peranan syahadat tak bisa dilepaskan dari diri seorang muslim karena sebagai pondasi keimanan dan pintu gerbang amal seseorang diterima oleh Allah.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)