Hikmah 99 Asmaul Husna beserta Dalil-dalilnya - masholeh.com
0 views

Masholeh.com

Allah sebagai Tuhan semesta alam memiliki kekuasaan penuh atas segala makhluk-Nya. Begitu juga Dia mempunyai  nama-nama mulia yang biasa dikenal dengan Asmaul Husna.

Tugas Manusia tidak lain berusaha untuk mengikuti dan mengamalkan sifat-sifat Tuhan sehingga menjadi manusia yang dekat dengan penciptanya.

Misalnya Allah memiliki sifat Ar Rahim yang berarti Allah Dzat yang Maha Penyayang. Sifat ini perlu dipraktekkan dalam kehidupan supaya menjadi insan yang mampu menyayangi, menyantuni orang lain baik sesama manusia maupun makhluk lainnya.

Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa jumlah Asmaul Husna ada 99 nama. Ini bunyi Hadisnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ. رواه البخاري

Artinya:Diriwayatkan dari Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Barangsiapa yang hafal (mengamalkan isinya) maka kelak akan masuk surga. (HR. Bukhari).

Hikmah 99 Asmaul Husna beserta Dalil-dalilnya
Hikmah 99 Asmaul Husna beserta Dalil-dalilnya

Imam Al Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa orang yang kelak mendapatkan surga yaitu orang yang hafal dan mampu mempraktekkan isi dari Asmaul Husna sehingga tercermin dalam kehidupan sebagai hamba yang yakin kepada Tuhannya.

Dalil-dalil Asmaul Husna

Dalam Al Qur’an, ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang Asmaul Husna dan anjuran untuk selalu dibaca saat berdoa supaya cepat terkabul doanya.

Diantara ayat-ayat Al Qur’an yang menjelaskan Asmaul Husna yaitu:

وَلِلّهِ الأَسْمَاء الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُواْ الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَآئِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ

Artinya:Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.(QS: Al A’raf: 180).

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

Artinya: Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”.(QS: Al Isra: 110).

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik). (QS: Thaha: 8)

baca juga:

هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Artinya: Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. Al Hasr: 24).

Dari sini kiranya umat Islam untuk selalu memahami dan merenungi isi Asmaul Husna dan menerapkan dalam dunia nyata supaya mendapatkan kenikmatan di dunia hingga akhirat.