Hikmah Diciptakannya Hewan Ternak

Salah satu kebutuhan manusia adalah tercukupi urusan pangannya terutama dengan mengkonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung protein dan vitamin yang cukup baik, terutama daging hewan ternak maupun susu yang diperasas darinya. Betapa banyak nikmat yang dianugerahkan Allah kepada manusia, sungguh tak terhitung banyaknya, mulai dari nikmat makan, minum, istirahat, serta kesehatan.

baca juga: https://masholeh.com/kategori-nikmat-dunia-menurut-imam-al-ghazali/

Dalam hal ini, Allah mengingatkan kepada manusia akan nikmat-Nya berupa hewan ternak yang banyak manfaatnya, terutama dalam Surat Yasin: 71-73 yang berbunyi:

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ مِمَّا عَمِلَتْ أَيْدِينَا أَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُونَ (71) وَذَلَّلْنَاهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوبُهُمْ وَمِنْهَا يَأْكُلُونَ (72) وَلَهُمْ فِيهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ أَفَلَا يَشْكُرُونَ (73)

Artiny: Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?(71) Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan. (72) Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? (73)

baca juga:https://masholeh.com/memahami-keagungan-tuhan-dalam-diri-manusia/

Imam ar-Razi menjelaskan bahwa Ayat diatas menjelskan bahwa Allah memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya maupun kesempurnaan-Nya kepada manusia.

Sedangkan menurut Imam Qusyairi dalam Tafsirnya menjelaskan bahwasannya Allah SWT memberikan nikmat yang banyak sekali kepada manusia, juga nikmat ditundukkannya hewan ternak agar diambil banyak manfaatnya, diantaranya sebagai alat transportasi, diambil dagingnya sebagai konsumsi sehari-hari, juga diperas susunya untuk sebagai konsumsi minuman yang menyehatkan. Serta kulitnya bermanfaat untuk pakaian maupun kebutuhan yang lain.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa Allah menciptakan hewan ternak sebagai bukti akan kekuasaan-Nya, serta membawa banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia, baik dikonsumsi, transportasi, pakaian, maupun produk hiasan yang bermanfaat. Dan diakhir Ayat diatas Allah menyinggung prilaku orang-orang yang tak mau bersyukur atas nikmat yang ia rasakan dengan cara beriman kepada Allah SWT dan tak menyekutukannya.

baca juga: https://masholeh.com/lima-tanda-orang-yang-beruntung/

Syukur merupakan kata kunci untuk mengungkapkan betapa banyak nikmat yang diterima manusia, sayangnya ia selalu lupa, ia baru menyadari betapa besarnya nikmat itu setelah ia tak memiliki, atau tak mampu merasakannya lagi. Ini sebagai renungan, agar manusia tak lupa tujuannya.

Waallahu A’lam

 

 

Bagikan

moh afif sholeh

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *