doa, akhirat

Hikmah Doa Awal dan Akhir Tahun

Allah menciptakan pergantian siang dan malam bertujuan agar manusia mengetahui peranan pentingnya penggunaan waktu secara maksimal maka setiap menjelang pergantian tahun hijriah banyak umat islam yang membaca doa awal dan akhir tahun.

hikmah doa awal dan akhir tahun bila diteliti secara seksama mengajarkan kepada umat manusia supaya selalu berdoa mendekatkan diri kepada Tuhannya terutama amal perbuatan yang telah dilakukan supaya diterima oleh Allah serta mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.

Disamping itu, doa awal dan akhir tahun sebagai benteng dari godaan syaitan yang selalu menggoda dan berusaha menyesatkan manusia dari jalan kebenaran sehingga orang yang ia goda menjadi teman abadi di neraka.

Dalam doa awal juga terdapat permintaan supaya selalu dilindungi dari pengaruh kejahatan bisikan nafsu amarah yang selalu mempengaruhi manusia supaya berbuat kejahatan.

Hikmah Doa Awal dan Akhir Tahun
Hikmah Doa Awal dan Akhir Tahun

Pada dasarnya, awal dan akhir tahun merupakan pergantian masa yang menjadi tolak ukur bertambahnya usia manusia. Untuk itu momen ini dijadikan titik balik untuk selalu memperbaiki diri dari tahun sebelumnya supaya kedepan bertambah baik dan berkah.

Dari sini dianjurkan untuk selalu membaca doa akhir tahun setelah shalat ashar terakhir pada akhir bulan Dzulhijjah serta membaca doa awal tahun setelah shalat magrib pada malam 1 Muharram.

Ini doa akhir tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Ini Doa awal tahun

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)