hikmah, ali bin abi tholib

Hikmah Doa “Karramaallahu Wajhah” Untuk Ali bin Abi Thalib

Setiap sahabat Nabi mempunyai keistimewaan tersendiri tak terkecuali Ali bin Abi Thalib, ia termasuk golongan awal yang masuk Islam. Disamping menjadi sepupu Nabi, ia juga sebagai menantu beliau karena menikah dengan putri Nabi yang bernama Siti Fatimah RA.

Setiap penyebutan Sahabat biasanya diakhiri dengan doa “Radhiyallahu Anhu” tapi ketika penyebutan khusus untuk Ali bin Abi Thalib ada yang menggunakan “Karramaallahu Wajhah”. Sebetulnya ada hikmah atau keistimewaan apa dalam dirinya?

Dalam Fatawa Dar Al-Ifta’Al-Misriyyah disebutkan bahwa setiap penyebutan nama Ali bin Abi Thalib dikhususkan menggunakan “Karramaallahu Wajhah” alasannya adalah karena ia tak pernah menyembah berhala sama sekali dalam hidupnya.

baca juga: 2 Perkara yang Dikhawatirkan oleh Ali Bin Abi Thalib

Menurut Imam Ibnu Hajar dalam Fatawa al-Hadisiyyah menjelaskan bahwa setia penyebutan Ali bin Abi Thalib diakhiri dengan “Karramaallahu Wajhah” karena semenjak ia baligh tak pernah sujud kepada berhala dan maksud dari doa itu adalah semoga Allah menjaga dirinya dari ibadah kepada selain Allah.

Ini membuktikan bahwa beliau sebagai salah satu sahabat yang mendapatkan keistimewaan di dunia dan akhirat.

Wallahu A’lam.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *