Anjuran Penting untuk Mempercepat Mengurus Jenazah - masholeh.com
0 views

Anjuran Penting untuk Mempercepat Mengurus Jenazah

kewajiban umat Islam ketika ada orang yang meninggal adalah segera memandikan, mengkafani, menshalati dan menguburkan jenazah. Sayangnya, dimasyarakat seringkali terjadi penundaan untuk segera menguburkan jenazah dengan alasan tertentu.

shalat jenazah

shalat jenazah

Kewajiban umat Islam ketika ada orang yang meninggal adalah segera memandikan, mengkafani, menshalati dan menguburkan jenazah. Sayangnya, dimasyarakat seringkali terjadi penundaan untuk segera menguburkan jenazah dengan berbagai macam alasan yang menghalangi, diantaranya adalah menunggu keluarga yang belum datang atau karena alasan lainnya.

Nabi Muhammad Saw menganjurkan untuk segera mengurusi jenazah agar tak cepat berbau badannya serta jenazah akan cepat menerima balasan amal perbuatannya. Hal ini seperti penjelasan Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya,

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ: «أسرعوا ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺯﺓ، ﻓﺈﻥ ﺗﻚ ﺻﺎﻟﺤﺔ ﻓﺨﻴﺮ ﺗﻘﺪﻣﻮﻧﻬﺎ، ﻭﺇﻥ ﻳﻚ ﺳﻮﻯ ﺫﻟﻚ، ﻓﺸﺮ ﺗﻀﻌﻮﻧﻪ ﻋﻦ ﺭﻗﺎﺑﻜﻢ. رواه البخاري

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, Nabi bersabda:”Segeralah mengurusi jenazah, jika jenazah termasuk orang baik maka termasuk kebaikan yang kalian segera berikan. Bila jenazah bukan termasuk orang baik maka kalian akan segera terbebas dari tanggungannya. (HR. Bukhari).

Imam al-Qurthubi dalam Tadzkirah Biahwal al-Mauta menjelaskan bahwa perintah menyegerakan jenazah disini ada dua penjelasan. Pertama, untuk segera membawa ke kuburan. Kedua, menyegerakan mengurus jenazah setelah ditetapkan kematiannya agar tak cepat berubah fisiknya.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa alasan untuk menyegerakan mengurus jenazah dilihat dari segi maslahat (kebaikan) bagi orang yang masih hidup atau yang sudah meninggal. Orang yang masih hidup terutama keluarganya akan segera terbebas kewajibannya berkaitan dengan jenazah. Dan manfaat yang didapatkan orang yang telah meninggal adalah ia akan merasakan balasan amal perbuatannya. Jika ia termasuk orang baik maka akan segera merasakan nikmatnya alam kubur. Sebaliknya jika ia bukan termasuk orang yang baik maka ia juga akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *