Himpitan Kubur Sebelum Malaikat Datang atau Setelahnya? - masholeh.com
0 views

Himpitan Kubur Sebelum Malaikat Datang atau Setelahnya?

Pemakaman merupakan tempat peristirahatan atau dikuburkannya orang yang telah meninggal. Didalam kubur  hanya ada ruang yang cukup untuk si mayyit saja teyate  banyak rahasia di dalamnya, ia bisa menjadi luas atau bisa menyempit.

Yang menjadi pertanyaan adalah himpitan Kubur ini setelah malaikat datang atau sebelumnya?

Kematian, kubur

Kematian dan kubur

Pemakaman merupakan tempat peristirahatan atau dikuburkannya orang yang telah meninggal. Didalam kubur  hanya ada ruang yang cukup untuk si mayyit saja. Tetapi  ternyata  banyak rahasia di dalamnya, ia bisa menjadi luas atau bisa menyempit.

Yang menjadi pertanyaan adalah himpitan Kubur ini setelah malaikat datang atau sebelumnya?

Dalam Fatawa Imam Ramli ada penjelasan akan hal itu,

ﻭﺿﻤﺔ اﻟﻘﺒﺮ ﻟﻠﻤﻴﺖ ﻗﺒﻞ ﺳﺆاﻝ اﻟﻤﻠﻜﻴﻦ

Himpitan Kubur untuk mayyit sebelum adanya pertanyaan dari Malaikat.

Hal ini seperti dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunya dan Imam Hakim, Imam Turmudzi, Imam Abu Ya’la, Imam Abu Ahmad, Imam Hakim, Imam Thabrani, dan Imam Abu Naim dari Abi Hajjaj as-Samali berkata: Rasulullah SAW bersabda:”

ﻳﻘﻮﻝ اﻟﻘﺒﺮ ﻟﻠﻤﻴﺖ ﺣﻴﻦ ﻳﻮﺿﻊ ﻓﻴﻪ ﻭﻳﺤﻚ ﻳﺎ اﺑﻦ ﺁﺩﻡ ﻣﺎ ﻏﺮﻙ ﺑﻲ ﺃﻟﻢ ﺗﻌﻠﻢ ﺃﻧﻲ ﺑﻴﺖ اﻟﻔﺘﻨﺔ» اﻟﺤﺪﻳﺚ.

Kuburan berkata kepada mayyit ketika ia diletakkan:”celakalah engkau anak adam, apa engkau tak mengetahui bahwa aku merupakan tempat fitnah.

Imam Abu al-Qasim as-Sa’di dalam kitab Ar-Ruh menjelaskan,

ﻻ ﻳﻨﺠﻮ ﻣﻦ ﺿﻐﻄﺔ اﻟﻘﺒﺮ ﺻﺎﻟﺢ ﻭﻻ ﻃﺎﻟﺢ ﻏﻴﺮ ﺃﻥ اﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ اﻟﻤﺴﻠﻢ ﻭاﻟﻜﺎﻓﺮ ﻓﺒﻴﻨﻬﻤﺎ ﺩﻭاﻡ اﻟﻀﻐﻄﺔ ﻟﻠﻜﺎﻓﺮ ﻭﺣﺼﻮﻝ ﻫﺬﻩ اﻟﺤﺎﻟﺔ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﻧﺰﻭﻟﻪ ﺇﻟﻰ ﻗﺒﺮﻩ ﺛﻢ ﻳﻌﻮﺩ ﺇﻟﻰ اﻹﻓﺴﺎﺡ ﻟﻪ ﻓﻴﻪ

Tak akan selamat dari himpitan Kubur orang yang shaleh atau tidak, tetapi perbedaan antara seorang muslim maupun non muslim adalah himpitan terus menerus bagi orang non muslim. Sedangkan himpitan bagi orang Islam hanya diawalnya saja ketika diletakkan dikubur kemudian himpitan tadi menjadi terbuka.

Dari penjelasan ini himpitan Kubur memang benar adanya maka dari itu perbanyak kebaikan agar kelak dikuburan terhindar dari segala macam fitnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *