Hubaib Al Farisi: Ahli Ibadah yang Memiliki Banyak Karamah - masholeh.com
0 views

Hubaib Al Farisi: Ahli Ibadah yang Memiliki Banyak Karamah

Imam Abu Naim dalam kitab Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya mengkisahkan tentang perjalanan spiritual Hubaib Al Farisi menjadi seorang ahli ibadah yang tak terlena urusan dunia serta fokus dalam urusan akhirat.

Ibadah shalat sujud ruku', ikhlas

Makna kata Allah

Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Al Farisi yang lebih dikenal dengan Hubaib Al Farisi. Ia tinggal di Basrah dan termasuk ahli ibadah yang dikenal luas memiliki banyak karamah dan doanya dikabulkan oleh Allah.

Imam Abu Naim dalam kitab Hilyatul Aulia wa Tabaqatul Asfiya mengkisahkan tentang perjalanan spiritual Hubaib Al Farisi menjadi seorang ahli ibadah yang tak terlena urusan dunia serta fokus dalam urusan akhirat.

Suatu ketika Hubaib Al Farisi ikut dalam pengajian yang diasuh oleh Imam Hasan bin Abi Al Hasan yang selalu dipenuhi jemaahnya yang rata-rata para saudagar dan dari semua kalangan. Dalam pengajian ini, Hubaib Al Farisi mendapatkan petuah kehidupan yang inspiratif sehingga mampu merubah dirinya semakin bertambah yakin kepada Allah dan anugerah berupa Rizki yang akan diberikan kepadanya.

baca juga Saat Pembunuh Paman Nabi Muhammad Bertaubat, Ini Kisah Selengkapnya

Hubaib Al Farisi pernah menyedekahkan 40 ribu Dinar yang diberikan empat tahapan. Pada pagi hari ia mendermakan 10 ribu kemudian ia berdoa:”Wahai Tuhanku, aku tebus diri ini kepada engkau dengan uang 10 ribu Dinar ini. Selang beberapa saat kemudian, ia mengeluarkan 10 ribu lagi. Lantas ia berujar:” wahai Tuhanku, Aku keluarkan uang ini sebagai rasa syukur atas petunjuk yang engaku berikan,”

Setelah itu, ia mengeluarkan 10 ribu dinar lagi. lantas ia berkata:”wahai Tuhanku, jika engkau tidak menerima sedekah pertama dan yang kedua maka terimalah sedekah yang ketiga ini,”

baca juga Kisah Sahabat yang Didoakan Rasulullah Selamat dari Neraka

Selang beberapa saat ia mengeluarkan lagi 10 ribu Dinar lagi, lantas ia berkata:” Wahai Tuhanku, Jika engkau menerima sedekah yang ketiga maka itu sebagai bukti syukurku kepada engkau,”

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa Hubaib Al Alfarisi seorang ahli ibadah yang dekat ulama’ dan dikenal sangat dermawan yang menjadikan dirinya mendapatkan karamah dan doa yang dikabulkan oleh Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *