Hukum Melihat Kelamin Orang Lain Untuk Tujuan Investigasi - masholeh.com
0 views
Berhubungan badan

Masholeh.com

Salah satu berita yang menjadi trending di detik.com adalah Mertua laporkan menantu gara-gara alat kelamin terlalu besar. lihat linknya:https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4485558/mertua-laporkan-menantu-gara-gara-alat-kelamin-terlalu-besar

Setelah Membaca berita ini, pikiran saya tergelitik untuk menggali hukum tentang Boleh tidaknya melihat aurat orang lain dengan tujuan investigasi, Apakah Islam memperbolehkan?

Salah satu tujuan syariat Islam atau dikenal Maqasid al-Syari’ah adalah menjaga harga diri seseorang. Islam melarang umatnya mempermalukan orang lain tanpa adanya  sebab yang diperbolehkan.

Hukum asal melihat aurat orang lain adalah dilarang, tapi bila ada hajat atau tujuan maka diperbolehkan seperti seorang dokter yang hendak mengkhitan seorang anak, maka diperbolehkan.

Begitu juga dalam tujuan investigasi, mencari kebenaran yang dilakukan oleh pihak kepolisian atau pihak terkait atas dugaan kematian seseorang istri setelah berhubungan badan  gara-gara alat kelaminnya terlalu besar.

Dalam hal ini Syeh Balqasim bin Dzakir az-Zubaidi dalam karyanya yang berjudul al-Ijtihad fi Manat al-Hukmi as-Syar’I Dirasat Ta’siliyah Tatbikiyyah menjelaskan,

أجاز الفقهاء كشف العورة ونظر الأجنبي إليها لدواعي الكشف الطبي والتعليم والحاجة إلى العلاج, باعتبار أن ذلك من الضرورات التي تبيح المحظورات , ولكن تُقدَّر بقدرها , فيقتصر النظر واللمس على قدر الضرورة أو الحاجة.

Para ahli fikih (Fuqaha) memperbolehkan membuka aurat, dan orang lain melihatnya karena ada tujuan untuk mengungkap dari sisi kedokteran, pengajaran, atau ada tujuan medis, hal ini berdasarkan kaidah dalam keadaan darurat maka hal yang terlarang jadi diperbolehkan, tetapi ada batasannya, yaitu hanya sebatas melihat atau menyentuh aurat yang dibutuhkan saja.

Dari penjelasan ini maka hukum melihat aurat untuk tujuan investigasi mencari sebuah kebenaran maka diperbolehkan dengan batasan-batasan yang telah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *