Hukum Wudhu sebelum Mandi Junub, Wajibkah?

Islam Agama yang sangat memperhatikan kebersihan, tidak hanya kebersiahan hati, tapi kepersihan lahiriyah sangat diperhatikan, terutama yang berkaitan tentang ibadah, mulai suci badan, pakaian, maupun tempat yang menjadi syarat sahnya shalat.

Dalam urusan mandi dari janabah(mandi besar disebabkan ada hal-hal yang mewajibkan mandi, misalnya berhubungan badan, keluar air sperma, haid, nifas, dan sebagainya) apakah ada kewajiban wudhu terlebih dahulu sebelum memulai mandi?

Dalam Fatwa al-Azhar tertanggal  08 Januari 1956, ada jawaban mengenai pertanyaan diatas, yaitu bahwa wudhu sebelum mandi janabah adalah sunnah hukumnya, tidak wajiab. Sedangkan fardhunya mandi menurut empat Madzhab yaitu:

Pertama, fardhunya mandi menurut Hanafiyah(pengikut madzhab imam Hanafi) yaitu berkumur, menghirup air ke hidung, dan membasuh semua anggota badan.

Kedua, fardhunya mandi menurut al-Malikiyah(pengikut Madzhab imam Malik) adalah niat, meratakan air keseluruh badan, serta menggosok seluruh badan dengan mengguyurkan air, dan membasuh semua rambut yang ada ditubuh dengan air.

Ketiga, fardhunya mandi menurut As-Syafi’iyyah (pengikut Madzhab imam Syafi’i) yaitu membasuh seluruh badan dengan air.

Keempat, fardhunya mandi menurut Al-Hanabilah(pengikut Madzhab imam Hanbali) yaitu membasuh seluruh badan dengan air, termasuk mulut dan hidung wajib dibasuh, serta mensyaratkan niat mandi, dan wajib membaca basmalah.

Dari keterangan diatas menjadi jelas bahwa wudlu tak termasuk fardhunya mandi, maka wudhu sebelum mandi sunnah hukumnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *