Ingin Selamat dari Siksa Kubur, lakukan Empat Hal ini

Manusia akan mengalami beberapa fase dalam hidupnya, mulai dari alam rahim (kandungan), setelah itu lahir ke alam dunia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Di alam dunia ini manusia berkewajiban melakukan hal-hal yang diperintahkan serta menjauhi larangan-Nya. Hal ini sebagai bentuk pengakuan diri kepada Tuhan, bahwa tugasnya untuk menjadi hamba yang baik, serta menjaga kelestarian bumi ini.

Setelah fase dunia, manusia akan memasuki alam baru, yaitu Alam Barzah (alam kubur), alam ini sebagai alam penantian menuju akhirat. Bila di alam ini beruntung, maka ia akan merasakan kenikmatan sampai hari kiamat. Sebaliknya, bila ia merasakan kesusahan di alam, maka selanjutnya akan merasakan duka dan nestapa yang mendalam.

Abu Al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghofilin menjelaskan bahwa barangsiapa yang ingin selamat dari Siksa kubur maka ia harus selalu menjaga empat hal ini, yaitu:

Pertama, Menjaga Shalatnya. Alasannya adalah shalat sebagai bentuk komunikasi yang intensif antara hamba dan Tuhan-Nya, bila hal ini terjaga maka Allah akan memuliakan hambanya, disamping itu shalat sebagai amal yang akan dihisab pertama kalinya.

Kedua, memperbanyak sedekah. Dengan adanya jiwa sosial yang tinggi untuk berbagi kepada sesama, ternyata membuahkan hasil, yaitu menjalin hubungan yang baik dengan sesama, terutama orang yang diberi sedekah akan mendoakan kepada yang memberikan nya, bahkan malaikat juga selalu mendoakan nya.

Ketiga, Membaca al-Qur’an. Kegiatan ini tidak hanya membawa dampak yang positif bagi kehidupannya, karena ia selalu dilindungi Tuhannya, karena disamping akan mendapatkan pahala membacanya juga sebagai bentuk ibadah.

Keempat, Memperbanyak membaca tasbih. Bacaan tasbih merupakan bentuk mensucikan kepada Tuhan dari segala kekurangan, atau sifat yang tak pantas bagi-Nya.

Keempat hal diatas bila dilakukan secara konsisten dan keikhlasan hati akan berpengaruh kepada yang melakukannya tak hanya di dunia tapi sampai akhirat kelak.

Abu Al-Lais juga menjelaskan Empat hal yang sering menjadikan seorang hamba disiksa di alam kuburnya, diantaranya adalah: suka berbohong, khiyanat, adu domba, dan disebabkan kencing sembarangan, bahkan tak membersihkannya, hal kecil tapi berdampak sangat besar bagi manusia.

Semoga kita terjaga dari Siksa kubur, serta dimudahkan dalam menjalankan kebaikan.

Bagikan

Tinggalkan Balasan