Ini Cara Membalas Kebaikan Orang Tua yang telah Meninggal - masholeh.com
0 views
ilmu

tingkatan taqwa

Setiap manusia berkewajiban berbakti kepada orang tuanya, terutama kepada ibunya yang telah mengandung, melahirkan serta merawat anaknya. Ayah yang telah mencukupi kebutuhannya juga sebagai kepala keluarga yang memiliki tanggung jawab dunia samapi akhirat. Pengorbanan keduanya tak akan mampu dibayar oleh materi sebesar apapun, segunung emas sekalipun tak akan cukup untuk membalas kebaikannya.

Bila kedua orang tuanya telah wafat, bagaimana caranya seorang anak membalas kebaikan mereka?

Imam al-Baihaqi dalam kitab Makrifat Sunan wa al-Atsar mengutip sebuah hadist:

عَنِ أَبِي أُسَيْدٍ السَّاعِدِيِّ ، أن رجلا ، من بني ساعدة قال : يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ أَبَوَايَ قَدْ هَلَكَا، فَهَلْ بَقِيَ عَلَيَّ مِنْ بِرِّهِمَا شَيْءٌ؟ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” نَعَمْ، أَرْبَعَةُ أَشْيَاءَ: الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا، وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا، وَإِنْفَاذُ عُهُودِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا، وَصِلَةُ رَحِمِهِمَا الَّتِي لَا رَحِمَ لَكَ إِلَّا مِنْ قِبَلِهِمَا. رَوَاهُ اَلْبَيْهَقِيُّ

Diriwayatkan dari Abi Usaid as-Sa’idy bahwa seseorang dari Bani Sa’idah berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguh kedua orang tua saya telah wafat, apakah masih ada kewajiban yang harus saya tunaikan setelah mereka meninggal? Lantas Nabi menjawab:”Iya, ada empat hal. Pertama, menyalati keduanya. Kedua, memintakan ampunan untuk mereka. Ketiga, melaksanakan janji atau tugas mereka setelah wafat. Keempat, memuliakan teman sejawatnya serta selalu menjalin tali silaturrahmi atau menjalin hubungan baik kepada mereka.” (HR. Al-Baihaqi)

Menurut Syeh Muhammad Ali al-Bakri dalam kitab Dalil al-Falihin Lituruq Riyadis Shalihin yang mengutip pendapat Imam al-A’quli yang menjelaskan bahwa Hadits diatas sebagai dalil akan pentingnya menjalin silaturrahmi kepada teman sejawat orang tua yang telah meninggal, karena ini termasuk bentuk ketaatan yang harus dijaga dan dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Dari penjelasan Hadist diatas dapat dipahami bahwa seorang anak harus berbuat kebaikan orang tuanya walau sudah meninggal. Ini mengisyaratkan bahwa ketaatan anak kepada orang tuanya tak terbatas di duni saja namun di alam kubur pun anak harus selalu mendoakan mereka  sebagai bukti bakti sang anak atas limpahan kasih sayang mereka, juga harus menjaga hubungan persaudaraan yang baik. Bila itu semua telah dilakukan maka seorang anak akan mendapatkan keberkahan umur dan rizki serta tercatat anak yang berbakti kepada orang tua.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *