doa, amalan
Hikmah

Ini Cara Mendapatkan Hidayah Allah

Belajar merupakan kewajiban setiap manusia terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang menjadi kewajiban dirinyalah seperti ilmu untuk mengenal Tuhannya atau bisa disebut ilmu Tauhid, juga ilmu yang menyangkut tata cara ibadah dan muamalah yang baik yaitu ilmu Fikih dan ilmu Akhlak atau etika diri terhadap diri sendiri dan orang lain yaitu ilmu Akhlak atau Tasawuf.

Ilmu yang bermanfaat adalah yang mampu diaplikasikan, dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari yang menambah kedewasaan dalam berpikir dan bertindak sehingga mampu merubah dirinya dari kehinaan menuju kemuliaan, dari segala keburukan menjadi kebaikan, dari kedangkalan menjadi keterbukaan, dari sifat jahil menjadi seorang yang arif. Dari sini ilmu menuntun seseorang agar mendapatkan hidayah atau petunjuk dari Tuhan.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah

اﻟﻬﺪاﻳﺔ اﻟﺘﻲ ﻫﻲ ﺛﻤﺮﺓ اﻟﻌﻠﻢ ﻟﻬﺎ ﺑﺪاﻳﺔ ﻭﻧﻬﺎﻳﺔ، ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻭﺑﺎﻃﻦ، ﻭﻻ ﻭﺻﻮﻝ ﺇﻟﻰ ﻧﻬﺎﻳﺘﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﻌﺪ ﺇﺣﻜﺎﻡ ﺑﺪاﻳﺘﻬﺎ، ﻭﻻ ﻋﺜﻮﺭ ﻋﻠﻰ ﺑﺎﻃﻨﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﻌﺪ اﻟﻮﻗﻮﻑ ﻋﻠﻰ ﻇﺎﻫﺮﻫﺎ

Hidayah merupakan buah dari ilmu. Ada Permulaan dan akhiran, ada lahir dan batin. Dan tak akan mencapai puncaknya sebelum ada penguatan dalam permulaannya juga tak akan mencapai lubuk batinnya sebelum menguatkan lahirnya.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa ilmu yang bermanfaat selalu mengarahkan manusia untuk mendapatkan petunjuk (hidayah), bertambah kebaikannya, serta menerima kebenaran dan tak mudah menyalahkan orang lain.

Semakin tinggi ilmu seseorang menjadikan dirinya seolah makhluk kecil yang tak mempunyai daya kekuatan apapun, ia sadar akan kebesaran pencipta-Nya yang Maha Besar, Maha Mulia. Ini dibaratkan seperti minum air laut, bila ia meneguknya ia akan selalu merasa kehausan.

Untuk itu, agar ilmu yang diperoleh bermanfaat harus diamalkan step by step, dan sebatas kemampuan dirinya sehingga tak sia-sia umur dan waktunya.

Wallahu A’lam

Bagikan

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *