Ini Cara Mengalahkan Syaitan Di Era Digital

Di era digital seperti saat ini dibutuhkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih, memilah informasi yang diterima dengan cara bertabayun dan menggali ke sumber aslinya. Jika ini tidak dilakukan maka ia akan terpengaruh berita kebohongan atau hoax yang menyesatkan dirinya sendiri.

Hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang adalah selalu waspada dan tak mudah memberikan komentar yang tak pantas dilakukan. Anjuran ini bertujuan agar Syaitan tak mudah menguasai dirinya karena tak ada cara untuk mengalahkannya kecuali dengan diam tak mudah menanggapi atau merespon hal yang belum jelas kebenarannya.

baca juga: http://Benarkah Syaithan Ikut Investasi saat Hubungan Intim?Ini Jawabannya

Hal ini sesuai penjelasan Abu Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin yang menyatakan bahwa seorang muslim seharusnya menjaga lisannya supaya terhindar dari rayuan syaitan dan Allah akan menutupi segala kekurangannya.

Keselamatan seseorang tergantung kemampuannya dalam menjaga lisan dan perbuatannya sehingga tak menyakiti orang lain. Syaitan selalu menggoda dan menjerumuskan manusia dengan berbagai cara terutama dengan bisikan agar berujar permusuhan lewat statement atau komentar di media sosial untuk menjatuhkan harga diri orang lain.

Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa saat manusia lengah, lupa kepada Tuhannya maka syaitan berusaha untuk selalu menggoda agar tersesat jalannya.

Dari sini, dalam berinteraksi di media sosial harus mengetahui kode etik sehingga ia selamat dan mendapatkan banyak manfaat.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *