imam al-amidi

Ini Doa yang Paling Utama

Berdoa termasuk anjuran agama bahkan termasuk kategori ibadah. Hal ini sebagai bentuk pengakuan kepada sang pencipta bahwa dirinya tak mampu melakukan apapun tanpa pertolongan dari-Nya. Orang yang tak mau berdoa bisa dipastikan terjangkit penyakit hati yaitu sifat sombong.

Manusia yang beruntung yaitu orang yang mendapatkan ampunan Tuhan juga diberikan kesehatan sehingga ia bisa beraktivitas dan beribadah tanpa ada halangan apapun.

Dalam sebuah hadits Nabi

عن أنس رضي الله عنه أن رجلا جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يا رسول الله أي الدعاء أفضل قال سل ربك العافية والمعافاة في الدنيا والآخرة ثم أتاه في اليوم الثاني فقال يا رسول الله أي الدعاء أفضل فقال له مثل ذلك ثم أتاه في اليوم الثالث فقال له مثل ذلك قال فإذا أعطيت العافية في الدنيا وأعطيتها في الآخرة فقد أفلحت
رواه الترمذي

Artinya: Diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu bahwasanya seorang lelaki mendatangi Nabi lantas berkata:”Wahai Rasulullah, doa yang paling utama itu apa? kemudian Nabi bersabda:”Mintalah kepada Tuhanmu agar diberikan kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Kemudian pada hari kedua, orang tadi datang lagi dan bertanya:”Wahai Rasulullah, doa yang paling utama itu apa?Nabi menjawab seperti penjelasan sebelumnya. Pada hari ketiga, orang tadi bertanya lagi dan Nabi menjawab seperti sebelumnya. Lantas Nabi melanjutkan sabdanya: “Jika engkau diberikan kesehatan di dunia dan akhirat maka kamu akan beruntung. (HR. Turmudzi).

Dari penjelasan ini, nikmat sehat jasmani dan ruhani serta selamat dari berbagai musibah dan marabahaya merupakan nikmat yang harus disyukuri dan digunakan sebaik-baiknya. Maka dari itu, penting kiranya seorang mukmin memperbanyak doa tersebut agar diberikan kesehatan dan keselamatan dimanapun ia berada.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *