Ini Kategori Orang yang Dimakruhkan menjadi Imam Shalat - masholeh.com
0 views

Ini Kategori Orang yang Dimakruhkan menjadi Imam Shalat

Shalat berjamaah akan menjadi sempurna bila imamnya memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh syari’at islam, diantaranya adalah orang yang paling baik bacaannya juga yang paling mengerti ilmu fikihnya.

shalat jamaah

shalat jamaah

Shalat berjamaah akan menjadi sempurna bila imamnya memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh syari’at islam, diantaranya adalah orang yang paling baik bacaannya juga yang paling mengerti ilmu fikihnya.

Hal ini menjadi penting dikarenakan tanpa adanya ilmu maka ibadahnya bisa menjadi kurang tepat bahkan tidak sah, misalnya gerakan tiga kali berturut-turut tanpa ada alasan yang diperbolehkan maka akan membatalkan shalatnya.

http://masholeh.com/ini-10-kriteria-imam-shalat-yang-baik/

Imam Suyuthi dalam kitab al-Asybah wa an-Nadhair menjelaskan

من تكره إمامته وهم ولد الزنا والفاسق والمبتدع واللاحن والتمتام والفأفاء وغير الحر.

Ada beberapa golongan yang dimakruhkan menjadi imam shalat yaitu: anak yang terlahir dari hubungan zina, orang fasik, orang yang sering membuat hal-hal baru dalam urusan agama (bid’ah), orang yang tak fasih bacaannya (lahn), dan orang yang kesulitan mengucapkan ta’ dan fa’, juga bukan orang yang merdeka atau budak.

Maka dari itu, untuk menunjuk seorang imam shalat harus ada beberapa kriteria yang diajukan terutama orang yang paham ilmu shalat dan yang fasih bacaannya.

Baca juga: http://masholeh.com/bolehkah-makmum-mendahului-bacaan-al-fatihahnya-imam/

Salah satu hal yang menjadikan shalat berjamaah semakin sempurna yaitu imamnya harus mengerti tentang keadaan para makmumnya sehingga saling bisa menerima diantara keduanya.

Dalam sebuah Hadits Nabi yang berbunyi:”

عن أبي هريرة عن الني صلى الله عليه وسلم قال: “وَلاَ يَحِلُّ لِرَجُلٍ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ أَنْ يَؤُمَّ قَوْمًا إِلاَّ بِإِذْنِهِمْ.” رواه أبو داود

Artinya:”Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, Nabi Muhammad bersabda: “tidak halal bagi seseorang
yang beriman kepada Allah dan hari akhir menjadi imam shalat kecuali mereka sudah memberikan izin kepadanya. (HR. Abu Dawud).

Maka dari itu, seseorang yang ditunjuk sebagai seorang imam shalat harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan agar shalatnya tak menjadi berantakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *