makanan, puasa

Ini Kategori Rizki Yang Paling Baik

Rizki sebagai anugerah Allah kepada  Makhluk atau ciptaan-Nya  baik berupa kesehatan, ilmu maupun penghasilan atau pendapatan yang kita dapatkan. Rizki yang baik bila didapatkan dengan cara yang baik juga.

Imam As-Sirri As-Siqthi berkata:

ﺧﻴﺮ اﻟﺮﺯﻕ ﻣﺎ ﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﺧﻤﺴﺔ ﻣﻦ اﻵﺛﺎﻡ ﻓﻲ اﻻﻛﺘﺴﺎﺏ ﻭاﻟﻤﺬﻟﺔ ﻭاﻟﺨﻀﻮﻉ ﻓﻲ اﻟﺴﺆاﻝ ﻭاﻟﻐﺶ ﻓﻲ اﻟﺼﻨﺎﻋﺔ ﻭﺃﺛﻤﺎﻥ ﺁﻟﺔ اﻟﻤﻌﺎﺻﻲ ﻭﻣﻌﺎﻣﻠﺔ اﻟﻈﻠﻤﺔ

Sebaik-baiknya rizki yaitu yang terhindar dari lima hal. Pertama,  cara mendapatkankannya bukan dari hasil kejahatan (dosa). Kedua, tidak  menggunakan cara-cara yang hina. Ketiga, tak terlalu merendahkan diri dalam mendapatkannya. Keempat,  Ada unsur penipuan dan menggunakan cara yang terlarang. Kelima, bermualah dengan orang yang dhalim atau untuk tujuan kejahatan.

Dari penjelasannya diatas bahwa Rizki yang baik harus menggunakan cara dan tujuan yang baik sehingga rizkinya menjadi halal dan berkah.

Faktor penentu terkabulnya doa adalah dari segi makanan yang dikonsumsi Setiap harinya, bila dari yang haram makanan dan cara mendapatkannya maka Allah tak akan mengabulkan doanya. Jangan terlena dengan kuantitas yang didapat tapi kualitas Rizki, walau sedikit akan menjadi keberkahan diri dan keluarga.
Wallahu A’lam

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *