Shalat, taubat, ibadah, sujud

Ini Keistimewaan Orang Yang Bertaubat

Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai kelebihan maupun kekurangan di dalam dirinya, begitu juga sering melakukan kesalahan yang sangat berarti, sehingga membawa dampak buruk baginya maupun kepada orang lain. Kadangkala perasaan bersalah ini menjadikan beban di pikiran, dan hati selalu menjadi gundah gulana.

Manusia tak ada yang sempurna amal ibadah dan prilakunya, ia memiliki kekurangan yang seharusnya dijadikan bahan evaluasi diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dari sini, Allah sangat mencintai hambanya yang bertaubat dari segala dosa dan kesalahan serta Ia akan memberikan keistimewaan bagi hambanya yang bertaubat.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan bahwa orang yang bertaubat akan mendapatkan beberapa keistimewaan.

Pertama, Allah akan membersihkannya dari segala dosa sehingga ia seperti bayi yang terlahir dari rahim ibunya dengan tak memiliki dosa sama sekali.

Kedua, Allah akan mencintai hambanya yang bertaubat.

Ketiga, Ia akan terhindar dari godaan syaitan serta terjaga dari bisikannya.

Keempat, Allah akan memberikan rasa aman bagi hamba-hamba-Nya yang bertaubat terutama saat ajal mau menjemputnya.

Menurut Syeh Abu Bakar al-Wasiti menjelaskan agar seseorang bersegera bertaubat serta tak menunda-nundanya, karena pada prinsipnya ajal seseorang tak ada yang mengetahuinya. Maka dari jadikanlah taubat sebagai evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik serta sebagai sarana agar dicintai oleh Allah.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *