Ini Manfaat Ziarah Kubur yang jarang Diketahui - masholeh.com
0 views

Ini Manfaat Ziarah Kubur yang jarang Diketahui

Kebanyakan manusia lupa akan hal itu, sehingga ia melakukan berbagai macam larangan yang akan merugikan dirinya maupun orang lain, maka dari dianjurkan untuk ziarah kubur, karena banyak manfaat yang akan didapatkan, tidak hanya bagi yang ziarah maupun orang yang diziarahi.

Kematian, kubur

Kematian dan kubur

Kematian sebagai simbol akhir pertandingan manusia melawan nafsu dalam dirinya maupun godaan yang lain, baik dari pengaruh syaitan, atau urusan duniawi.

Sayangnya kebanyakan manusia lupa akan hal itu, sehingga ia melakukan berbagai macam larangan yang akan merugikan dirinya maupun orang lain, maka dari dianjurkan untuk ziarah kubur, karena banyak manfaat yang akan didapatkan, tidak hanya bagi yang ziarah maupun orang yang diziarahi.

Baca juga: Bukti Para Nabi Masih Hidup Walau Telah Terkubur Jasadnya

Pertama, Manfaat bagi yang ziarah diantaranya adalah ia akan mengambil ibarat maupun Mauidhah (petuah) yang mampu diterapkan dalam kehidupan, ia tak terlalu tergila-gila akan kehidupan dunia, apalagi terlena kepentingan sesaat terutama sekedar Pilpres maupun Pilkada. Juga selalu menjadi pengingat akan kehidupan setelah kematian, yaitu akhirat. Dengan mengingat kematian, orang akan semangat dalam beribadah dan beramal kebaikan.

Hal ini seperti Sabda Nabi:

ﻋﻦ ﺑﺮﻳﺪﺓ، ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: “ﻛﻨﺖ ﻧﻬﻴﺘﻜﻢ ﻋﻦ ﺯﻳﺎﺭﺓ اﻟﻘﺒﻮﺭ ﻓﺰﻭﺭﻭﻫﺎ” ﺭﻭاﻩ ﻣﺴﻠﻢ. ﻭﻓﻲ ﺭﻭاﻳﺔ “ﻓﻤﻦ ﺃﺭاﺩ ﺃﻥ ﻳﺰﻭﺭ اﻟﻘﺒﻮﺭ ﻓﻠﻴﺰﺭ ﻓﺈﻧﻬﺎ ﺗﺬﻛﺮﻧﺎ ﺑﺎﻵﺧﺮﺓ

Artinya: Diriwayatkan dari Buraidah RA, ia berkata: Rasulullah bersabda:

Aku dulu telah melarang kalian untuk ziarah kubur, maka ziarahlah kalian. (HR.Muslim). Dalam riwayat lain:” Barangsiapa hendak ziarah kubur, maka ziarahlah, karena mengingatkan akan akhirat.”

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa larangan ziarah kubur diawal Islam disebabkan kedekatan waktu kekafiran di masa Jahiliyah dan dikhawatirkan kembali lagi kepada kekufuran, kemudian larangan itu dihapus setelah ajaran Islam sudah mendarah daging, dan umat Islam menjadi orang yang yakin dan takwa.

baca juga: Doa Unik Tsabit bin Aslam Al Banani agar Setelah Ia Wafat masih Bisa Shalat Di Kuburnya

Kedua, akan bermanfaat bagi yang diziarahi, diantaranya adalah: ia akan mendapatkan salam dari orang yang menziarahinya serta mendapatkan doa. Hal ini seperti tata cara ziarah kubur yang telah diajarkan Nabi kepada sahabatnya, yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu ketika memasuki area pemakaman.

Seperti dalam Hadits:

ﻋﻦ ﺑﺮﻳﺪﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻌﻠﻤﻬﻢ ﺇﺫا ﺧﺮﺟﻮا ﺇﻟﻰ اﻟﻤﻘﺎﺑﺮ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﻗﺎﺋﻠﻬﻢ: “اﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻫﻞ اﻟﺪﻳﺎﺭ ﻣﻦ اﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ، ﻭﺇﻧﺎ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ ﺑﻜﻢ ﻟﻻﺣﻘﻮﻥ، ﺃﺳﺄﻝ اﻟﻠﻪ ﻟﻨﺎ ﻭﻟﻜﻢ اﻟﻌﺎﻓﻴﺔ”. رواه مسلم

Artinya: Diriwayatkan dari Buraidah RA, ia berkata: Sesungguhnya Nabi mengajarkan kepada para sahabat, ketika hendak ke pemakaman untuk mengucapkan:

اﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻫﻞ اﻟﺪﻳﺎﺭ ﻣﻦ اﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ، ﻭﺇﻧﺎ ﺇﻥ ﺷﺎء اﻟﻠﻪ ﺑﻜﻢ ﻻﺣﻘﻮﻥ، ﺃﺳﺄﻝ اﻟﻠﻪ ﻟﻨﺎ ﻭﻟﻜﻢ اﻟﻌﺎﻓﻴﺔ

Keselamatan untuk kalian para penghuni pemakaman orang mukmin, Sesungguhnya kami akan segera menyusul kalian. Aku meminta kepada Allah kesentosaan untuk kami dan kalian semua. (HR.Muslim).

baca juga: Hati-hati, Ini Penyebab Seseorang Disiksa dalam Kubur

Dari sini dapat dipahami bahwa ziarah kubur sangat penting bagi umat Islam karena mengingtkan akhir tujuan kehidupan serta sebagai kendali diri agar tak terlena akan godaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.