Ini Penjelasan Karakter Hati Manusia - masholeh.com
0 views
kenali Bisikan dalam Hatimu

HATI

Hati manusia merupakan tempat kendali seluruh anggota badan. Bila hatinya baik maka akan mempengaruhi semua anggota tubuh untuk berbuat kebaikan. Sebaliknya, bila hatinya tak sehat maka prilakunya juga tak bermartabat dan pikirannya tak juga tidak tepat.

Abu Abdurrahman as-Sulami dalam Tabaqat As-Sufiyah mengutip Abu Bakar al-Warraq yang menjelaskan tentang ciri-ciri hati manusia

ﻟﻠﻘﻠﺐ ﺳﺘﺔ ﺃﺷﻴﺎء ﺣﻴﺎﺓ ﻭﻣﻮﺕ ﻭﺻﺤﺔ ﻭﺳﻘﻢ ﻭﻳﻘﻈﺔ ﻭﻧﻮﻡ

Hati manusia memiliki enam ciri: hati yang hidup, mati, sehat, sakit, bangun, tidur.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa hati manusia selalu berubah-ubah sesuai kondisi yang ia sedang hadapi dan rasakan. untuk mengatasi gejolak hati ini dibutuhkan beberapa hal.

Pertama, Hidupnya hati tergantung ia mau menerima petunjuk kebenaran (hidayah) atau tidak. Tanda untuk mengetahuinya  adalah dengan adanya harapan kebaikan dan juga takut akan siksaan-Nya serta mengamalkan ajaran-ajaran Agama.

Kedua, matinya hati tatkala ia tak menerima kebenaran atau tersesat jalannya. Hal ini disebabkan ia tak menerima hidayah.

Ketiga, Hati dikatakan sehat bila selalu terhindar dari beberapa kemaksiatan. Tandanya bila hati merasakan kenikmatan saat melakukan kebaikan.

Keempat, Hati menjadi sakit bila penuh dengan dosa dan penyakit hati. Tandanya bila ia tak merasakan kenikmatan dalam beribadah kepada Allah.

Kelima, Hati yang tersadar bila selalu digunakan untuk berdzikir. Tandanya selalu mudah mendengar dan melihat suatu kebaikan yang sesuai hatinya.

Keenam, hati yang tertidur yaitu ketika lupa akan tugas dan kewajibannya. Tandanya bila ia sudah tak mendengar dan melihat sesuatu sesuai kebenaran hati nuraninya.

Imam Mawardi dalam Adab Ad-Dunya wa ad-Din mengutip perkataan Umar bin Abdul Aziz yang menjelaskan bahwa:

اﻟﻘﻠﻮﺏ ﺃﻭﻋﻴﺔ اﻷﺳﺮاﺭ

Hati manusia sebagai tempat untuk menyimpan rahasia.

Dari sini dapat dipahami bahwa hati manusia mampu menyimpan jutaan hikmah, petuah kehidupan yang bermanfaat. Hanya saja ia mau menggunakan atau tidak tergantung kemauan dari dirinya sendiri.

Bisikan Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *