Ilmu Al-Qur'an

Ini Surat Yang paling Agung di dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an kitab suci sebagai petunjuk bagi umat manusia. Di dalamnya tersimpan berbagai macam hikmah kehidupan serta memuat keutamaan tersendiri.

Suatu ketika Nabi memberi penjelasan tentang keistimewaan sebuah Surat dalam Al-Qur’an, seperti dalam sebuah Hadits:

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ اﻟﻤﻌﻠﻰ، ﻗﺎﻝ: ﻛﻨﺖ ﺃﺻﻠﻲ، ﻓﺪﻋﺎﻧﻲ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻠﻢ ﺃﺟﺒﻪ، ﻗﻠﺖ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺇﻧﻲ ﻛﻨﺖ ﺃﺻﻠﻲ، ﻗﺎﻝ: ” ﺃﻟﻢ ﻳﻘﻞ اﻟﻠﻪ: اﺳﺘﺠﻴﺒﻮا ﻟﻠﻪ ﻭﻟﻠﺮﺳﻮﻝ ﺇﺫا ﺩﻋﺎﻛﻢ؟ “، ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: «ﺃﻻ ﺃﻋﻠﻤﻚ ﺃﻋﻈﻢ ﺳﻮﺭﺓ ﻓﻲ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ اﻟﻤﺴﺠﺪ»، ﻓﺄﺧﺬ ﺑﻴﺪﻱ، ﻓﻠﻤﺎ ﺃﺭﺩﻧﺎ ﺃﻥ ﻧﺨﺮﺝ، ﻗﻠﺖ: ﻳﺎ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ، ﺇﻧﻚ ﻗﻠﺖ: «ﻷﻋﻠﻤﻨﻚ ﺃﻋﻈﻢ ﺳﻮﺭﺓ ﻣﻦ اﻟﻘﺮﺁﻥ» ﻗﺎﻝ: «اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ اﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ، ﻫﻲ اﻟﺴﺒﻊ اﻟﻤﺜﺎﻧﻲ، ﻭاﻟﻘﺮﺁﻥ اﻟﻌﻈﻴﻢ اﻟﺬﻱ ﺃﻭﺗﻴﺘﻪ»

Artinya: Diriwayatkan dari Sa’id bin al-Ma’la, ia berkata: saya sedang shalat, tiba-tiba Nabi memanggilku, tetapi saya tak langsung menjawab, setelah itu ia menjelaskan, wahai Rasulullah, tadi saya sedang shalat. Tidaklah Allah sudah berfirman: Dan bersegeralah memenuhi panggilan Allah dan rasul-Nya ketika kamu dipanggil? kemudian Nabi bersabda: Saya akan mengajarkan kepadamu Sebuah Surat yang paling agung di dalam Al-Qur’an sebelum kamu keluar dari masjid, kemudian Nabi memegang tanganku. Maka ketika kami hendak keluar dari masjid, aku berkata: Wahai Rasulullah, tadi engkau mengatakan akan mengajarkan kepadaku Sebuah Surat yang paling agung di dalam Al-Qur’an, lalu Nabi menjawab: Alhamdulillahi Rabbi al-Alamin, Itu sebagai as-Sab’u al-Masani(tujuh ayat yang diulang-ulang dalam shalat, dan memuat isi Al-Qur’an yang telah diberikan kepadaku. (HR. al-Bukhari).

Menurut Ibnu Batthal dalam Syarah Shahih al-Bukhari menjelaskan bahwa Surat yang paling banyak manfaatnya untuk orang yang ahli ibadah, karena Surat Al-fatihah sebagai Ummu Al-Qur’an sebagai penentu sahnya shalat, bukan yang lain. Beliau juga mengutip pendapat Ali bin Abi Thalib dan Abi Hurairah yang menjelaskan bahwa Al-fatihah disebut as-Sab’u al-Masani karena sering dibaca berulang-ulang dalam waktu shalat.

Sedangkan Imam At-Thayyibi dalam al-Kasyif an Haqaiq as-Sunan menjelaskan bahwa Surat Al-fatihah sangat tinggi kedudukannya dibanding surat yang lain, karena di dalamnya memuat banyak faidah dan arti yang banyak sekali, seperti pujian kepada Allah, perintah beribadah maupun larangannya, juga menjelaskan janji dan ancaman.

Syamsuddin al-Kirmani dalam al-Kawakib ad-Durari mengutip pendapat Imam al-Khattabi yang menyatakan bahwa membaca Surat Al-fatihah banyak pahalanya karena di dalamnya menyimpan pujian kepada Allah, juga ada sebuah permohonan atau doa sebagai bentuk pengakuan akan keagungan Tuhan, hal ini sebagai tingkatan tertinggi dalam ibadah.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Surat Al-Fatihah merupakan Surat yang besar fungsinya bagi kehidupan, terutama di dalamnya memuat isi al-Qur’an secara global, serta sebagai sarana dalam mempermudah dalam terkabulnya doa.

Bagikan

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *