Ini Bedanya Orang yang Beruntung dan Buntung - masholeh.com
0 views
ORANG BERUNTUNG VS BUNTUNG

ORANG BERUNTUNG VS BUNTUNG

Manusia makhluk yang dimuliakan oleh Allah diatas bumi. Hal ini berkat ilmu dan ketakwaannya yang membawa dirinya mendapatkan derajat yang tinggi dihadapan semua makhluknya.

Sayangnya, orang dengan mudah menuduh orang lain sesat, salah, padahal tak pernah mengaca dirinya juga memiliki kekurangan. Seharusnya ia menyadari akan hal itu sehingga menjadi manusia yang tertata hidupnya dan tak terlena kepentingan sesaat.

baca juga: Pahami Hikmah Ujian Kehidupan Ini Supaya Dirimu Beruntung

Abu Abdurrahman as-Sulami dalam Tabaqat As-Sufiyah mengutip perkataan Abu Usman Said bin Ismail An-Naisaburi ketika ditanya tentang tanda- tanda orang yang beruntung dan yang celaka, lantas ia menjawab:

ﻋﻼﻣﺔ اﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﺃﻥ ﺗﻄﻴﻊ اﻟﻠﻪ ﻭﺗﺨﺎﻑ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﺮﺩﻭﺩا ﻭﻋﻼﻣﺔ اﻟﺸﻘﺎﻭﺓ ﺃﻥ ﺗﻌﺼﻲ اﻟﻠﻪ ﻭﺗﺮﺟﻮ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥ ﻣﻘﺒﻮﻻ

Tanda orang yang beruntung adalah jika engkau taat kepada Allah dan takut Amalmu tak diterima. Sedangkan tanda orang yang celaka adalah ketika engkau bermaksiat kepada Allah padahal engkau mengharapkan Amalmu diterima.

baca juga: Tahukah Kamu Kategori Muslim Yang Beruntung? Penjelasan Surat An Nahl: 97

Dari penjelasan ini dapat dimengerti bahwa orang yang beruntung merasa amalnya tak diterima oleh Allah sehingga ia berusaha semaksimal mungkin untuk selalu beribadah, ia tak pernah merasa puas dengan yang ia kerjakan. Sebaliknya, orang yang rugi ialah orang yang merasa dirinya banyak amalnya namun tanpa disadari ludes semua kebaikannya disebabkan rasa sombong dalam dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *