Beruntung Orang yang Sabar, Ini Tandanya - masholeh.com
0 views
ORANG BERUNTUNG VS BUNTUNG

ORANG BERUNTUNG VS BUNTUNG

Abdurrahman as-Sulami dalam  Tabaqat As-Sufiyah mengutip  jawaban dari Abdullahammad Al-Khazzar ketika ditanya seseorang tentang tanda-tanda orang sabar yaitu:

ﺗﺮﻙ اﻟﺸﻜﻮﻯ ﻭﺇﺧﻔﺎء اﻟﻀﺮ ﻭاﻟﺒﻠﻮﻯ

Tak mengeluh dan menyembunyikan kesusahan dan ujian yang ia sedang hadapi.

Menurut Imam al-Qusyairi dalam Risalahnya menjelaskan bahwa

اﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﺃﻗﺴﺎﻡ: ﺻﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻫﻮ ﻛﺴﺐ ﻟﻠﻌﺒﺪ ﻭﺻﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﻜﺴﺐ , ﻓاﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﻜﺘﺴﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﺴﻤﻴﻦ: ﺻﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺃﻣﺮ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻪ ﻭﺻﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻧﻬﻰ ﻋﻨﻪ ﻭﺃﻣﺎ اﻟﺼﺒﺮ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﻤﻜﺘﺴﺐ ﻟﻠﻌﺒﺪ ﻓﺼﺒﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﻣﻘﺎﺳﺎﺓ ﻣﺎ ﻳﺘﺼﻞ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺣﻜﻢ اﻟﻠﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻨﺎﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﻣﺸﻘﺔ

Sabar dibagi menjadi dua bagian:
Pertama,  Sabar yang harus dilakukan atau diusahakan oleh seorang hamba. Ini dibagi menjadi dua bagian  yaitu Sabar dalam menjalankan perintah dan sabar dalam menjauhi larangan-Nya.

Kedua, Sabar dengan kepasrahan tak terkait dengan dirinya yaitu sabar yang berkaitan dengan dampak atau resiko dari sebuah hukum yang telah ditetapkan oleh Allah.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa tanda orang yang bersabar tak mudah mengeluh dengan keadaan, serta selalu berusaha positif thinking kepada Allah dalam segala kondisi yang ia rasakan tak peduli susah ataupun senang, ia sadar semuanya merupakan ujian, Dan ia akan memilih hamba-hamba-Nya yang paling sabar menghadapi semua cobaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *