Kisah Umar bin Khattab Menegur Seorang Badui yang Salah Baca Al Qur'an

Anjuran Membaca Ta’awudz, Ini Tujuannya

Setiap muslim yang hendak membaca kitab suci Al-Quran dianjurkan membaca Ta’awudz (minta perlindungan dari godaan syaitan) terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menolak dari segala macam kejahatan ataupun keburukan secara ruhani maupun jasmani. Begitu juga untuk menolak dari segala macam waswas baik yang datang dari manusia maupun jin.

Menurut Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya Mafatih al-Ghaib, ia menjelaskan bahwa keburukan ini bisa berawal dari keyakinan yang bersumber dari hati manusia seperti i’tikad yang menyimpang ataupun dari perbuatan yang dilakukan oleh anggota badannya terbagi menjadi dua bagian.

Baca juga: http://masholeh.com/amalan-untuk-mengatasi-waswas/

Pertama, hal-hal buruk yang membahayakan dalam urusan agama yaitu segala yang dilarang oleh Allah.

Anjuran Membaca Ta'awudz, Ini Tujuannya
Anjuran Membaca Ta’awudz, Ini Tujuannya

Kedua, hal buruk yang berkaitan dalam urusan dunia seperti sakit, kefakiran, kebakaran, tenggelam atau yang lain.

Baca juga: http://masholeh.com/agar-syaitan-lari-dari-rumah-kita-lakukanlah/

Ta’awudz akan menjadi sempurna bila memenuhi tiga hal.

Pertama, Ilmu. Manusia harus mengetahui bahwa dirinya tak mampu untuk meraih manfaat baik urusan dunia atau agama serta menjauhkan diri dari segala hal yang membahayakan atas izin dari Allah SWT.

Kedua, Keadaan atau prilaku orang yang meminta perlindungan harus memiliki rasa rendah hati dan selalu mendekati diri kepada Allah.

Baca juga: http://masholeh.com/agar-terhindar-dari-penglihatan-jin-baca-kalimat-ini-saat-melepas-baju-di-kamar-mandi/

Ketiga, Amal perbuatan harus sesuai aturan tak mengikuti langkah syaitan. Tiada manfaat atau guna bila seseorang meminta perlindungan kepada Allah dari berbagai hal seperti godaan syaitan tetapi dirinya melakukan perintahnya.

Dari sini penting seseorang selalu meminta perlindungan kepada Allah agar dirinya diberikan keselamatan dan keberkahan dalam hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *