manusia, 5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Islam

Islam Mengajarkan Peduli kepada Sesama Manusia terutama dalam 6 Hal ini

Saat ini, umat islam diuji berbagai benturan dari dalam, umat islam  saling berperang, bermusuhan dengan sesama muslim dikarenakan perbedaan kepentingan pribadi, golongan. Belum lagi faktor dari luar yang selalu menghadang, tak ingin umat islam maju dalam lini kehidupan baik dalam urusan ekonomi, sosial maupun yang lain.

Seorang muslim yang baik akan merasakan muslim yang lain. Hal ini dikarenakan adanya hubungan  lahir dan batin yang terjalin dan disatukan oleh ruh ajaran agama islam.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ» قِيلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللهِ؟، قَالَ: «إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ»

Artinya: diriwayatkan dari Abi Hurairah bahwasanya Rasulullah shallahu alaihi wasallam bersabda: hak orang muslim kepada muslim lainnya ada 6. Apa saja wahai Rasulullah? Lantas Rasulullah bersabda: pertama, jika kamu bertemu dengannya maka berikanlah salam. Kedua, jika kamu diundang maka hadirilah undangan tersebut. Ketiga, jika dimintai nasehat maka berikanlah nasehat. Keempat, jika ia sedang bersin lantas mengucapakna hamdalah maka doakanlah. Kelima, jika ia sakait maka tengoklah. Keenam, jika ia meninggal dunia makam bertakziahla. (HR. Muslim).

pemimpin
Peranan Salam dalam kehidupan

 Peranan Salam dalam kehidupan

Imam al Munawi dalam kitab Faidhul Qadir menjelaskan bahwa hadist ini mengajarkan kepada kita akan bukti solidaritas kepada sesame muslim untuk saling peduli dan membantu dalam berbagai hal kehidupan terutama untuk selalu menebarkan salam kepada siapapun baik ia kenal maupun tidak.

Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa seorang muslim yang baik akan selalu memberikan kenyamanan, keamanan serta memberikan keselamatan bagi orang lain bukan menjadi orang yang menjatuhkan apalagi sampai menghalalkan darahnya karena dianggap berbeda dari golongannya.

Dari sini peranan salam sangat urgen dalam islam sebagai bukti bahwa ajarannya mengajarkan kedamaian dan kesejukan bukan sebagai penebar teror yang menakutkan.

 

Usahakan penuhi Undangan

Usahakan penuhi Undangan
Usahakan penuhi Undangan

Setiap orang pasti memiliki hajat atau kebutuhan, enatah hendak menikahkan anaknya, mengkhitankan putranya atau yang lain. Saat diundang acara tersebut, uasahakan  datang sebagai bukti solidaritas sesame muslim bukan karena yang mengundang orang kaya raya.

Karena di masyarakat kita, bila yang mempunyai hajat orang kaya maka yang datang membludak pengunjungnya. Sebaliknya bila dari kalangan yang kurang biaya dipastikan yang datang hanya segelintir orang.

Fenomena ini disebabkan cara pandang masyarakat yang sudah terlanjur menilai sesuatu dengan materi atau kekayaan bukan karena faktor kesadaran diri dalam bergaul di masyarakat.

 

Nasehat yang dibutuhkan Muslim

Nasehat yang dibutuhkan Muslim
Nasehat yang dibutuhkan Muslim

Nasehat memiliki peranan penting bagi kehidupan. Ibarat lampu bolam, nasehat diumpamakan aliran listrik yang menjadikan terang sekitarnya. Sebetulnya nasehat itu tujuannya apa sih?

Nasehat merupakan ajaran untuk berbuat kebaikan yang bermanfaat bagi dirinya maupun dari orang lain terutama saat mengalami kegagalan, kegalauan atas bisingnya kehidupan.

Dari sini, nasehat yang baik sangat diperlukan namun dengan cara yang baik juga. Kenapa demikian?kadangkala kebaikan berupa menjadi kejahatan disebabkan  cara yang digunakan tak baik sehingga hasilnya menjadi kurang menarik.

DOA, waktu doa
Umat Islam dianjurkan Saling Mendoakan

Umat Islam dianjurkan Saling Mendoakan

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu peduli kepada orang lain walau dengan doa. Hal ini terbukti di dalam shalat terutama saat tahiyyat ada doa khusus yaitu mendoakan keselamatan kepada diri sendiri dan juga kepada hamba-hamba yang shaleh.

Ini menegaskan bahwa peranan doa sangat penting bagi orang lain bahkan saat seorang muslim yang sedang bersin yang membaca hamdalah dianjurkan mendoakannya. Sungguh indanya ajaran islam, mengajarkan peduli kepada sesame manusia.

 

 

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)