Tiga Hal Ini, Islam Mudah Diterima Semua Kalangan

Islam agama yang menebarkan Rahmatan Lil Al-Amin, memberikan kasih sayang kepada seluruh alam tak terbatas kepada manusia saja, tapi kepada hewan, tumbuhan, bahkan kepada ciptaan Allah yang lain. Dari sini, Islam menghapus perbudakan dan penjajahan karena tak sesuai perikemanusiaan menyalahi kodrat manusia.

Islam menyebar kepelosok penjuru dunia karena ajarannya mudah diterima oleh semua kalangan tidak hanya kalangan pejabat maupun rakyat, orang kaya maupun orang tak punya, ilmuwan maupun orang yang tak pernah mengenyam bangku sekolahan.

baca juga: http://Jangan Mengaku Paling Islam Kaffah Kalau Masih Suka Meneror kepada Sesama

Keberhasilan ini setidaknya ada beberapa hal yang menjadi acuannya. Ini seperti saat Nabi mengirim Mu’adz bin Jabal dan Abu Musa al-Asyari ke Yaman. Beliau berpesan kepada keduanya agar memperkenalkan Islam dengan cara santun, tak memberatkan mereka. Hal ini seperti keterangan dalam Hadits Nabi,

ﻋﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺑﺮﺩﺓ، ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ، ﻋﻦ ﺟﺪﻩ، ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﺑﻌﺚ ﻣﻌﺎﺫا ﻭﺃﺑﺎ ﻣﻮﺳﻰ ﺇﻟﻰ اﻟﻴﻤﻦ ﻗﺎﻝ: ﻳﺴﺮا ﻭﻻ ﺗﻌﺴﺮا، ﻭﺑﺸﺮا ﻭﻻ ﺗﻨﻔﺮا، ﻭﺗﻄﺎﻭﻋﺎ ﻭﻻ ﺗﺨﺘﻠﻔﺎ. رواه البخاري

Artinya: diriwayatkan dari Sa’id bin Abi Burdah, dari Ayahnya, dari kakeknya bahwasanya Nabi mengutus Mu’adz dan Abu Musa ke Yaman, lantas beliau berpesan:” Permudahlah, jangan mempersulit, berikan kabar gembira kepada mereka, jangan menakuti, dan saling mengasihi, jangan bercerai berai. (HR. Bukhari).

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa agama Islam sangat mudah dan meringankan, tak membebani hambanya kecuali yang ia mampu mengerjakannya. Misalnya Seseorang tak mampu berdiri dalam shalat boleh sambil duduk. Haji diwajibkan hanya bagi yang mampu saja, begitu juga saat puasa Ramadhan, orang yang sakit boleh tak berpuasa jika dikhawatirkan bertambah sakitnya.

baca juga: http://Lakukan Hal-hal Ini Supaya Ajaran Islam Bertambah Sempurna

Sayangnya akhir-akhir ini, Banyak pihak yang sengaja menjadikan isu bahwa Islam agama yang tak toleran, radikal, sehingga muncul stigma ketakutan pada agama islam atau lebih dikenal islamophobia. Dari sini, Umat Islam harus membuktikan tuduhan-tuduhan yang tak berdasar itu dengan sikap yang baik, tak arogan dan mampu menahan diri. Bisa saja itu hanya sekedar pancingan agar umat Islam menjadi marah, maka penting kiranya selalu waspada akan segala pemberitaan yang mendiskreditkan Islam.

Bagikan

One thought on “Tiga Hal Ini, Islam Mudah Diterima Semua Kalangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *