Ini Solusi dalam Menghadapi Masalah, Inspirasi Surat Al-Anfal: 45

Banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya karena tak sanggup memikul beban yang ia hadapi, mereka berpikir dengan cara itu akan terbebas dari masalahnya. Padahal hal itu akan mendatangkan masalah baru, ia akan menyusahkan keluarga maupun orang yang terdekatnya. Lantas bagaimana solusi untuk menghadapinya?

Setiap manusia pasti memiliki segudang masalah, sayangnya tak sedikit orang yang menjadi frustasi, stress dalam menghadapinya dikarenakan tak siap mental maupun kurangnya bekal ilmu yang ia miliki.

Banyak orang yang memilih untuk mengakhiri hidupnya karena tak sanggup memikul beban yang ia hadapi, mereka berpikir dengan cara itu akan terbebas dari masalahnya. Padahal hal itu akan mendatangkan masalah baru, ia akan menyusahkan keluarga maupun orang yang terdekatnya.

Lantas bagaimana solusi untuk menghadapinya?

Dalam Al-Qur’an Surat Al-Anfal: 45

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (45

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

baca juga: Surat Al Fatihah memuat Isi pokok kandungan Al Qur’an

Menurut Imam Al-Baidhawi dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa Ayat ini mengingatkan agar manusia tak melupakan Allah, terutama dikala dirundung masalah besar yang ia hadapi.

Sedangkan menurut Imam al-Qurthubi dalam Tafsirnya menjelaskan bahwa anjuran untuk memperbanyak berdzikir ada tiga pendapat:

Pertama, Berdzikirlah kalian kepada Allah dikala sedang gundah gulana karena akan membantu meringankan dalam menghadapi masalah.

Kedua, Tenangkan dirimu dengan Berdzikir hati dan lisan.

baca juga: Hikmah Diturunkannya Al-Qur’an Menggunakan Bahasa Arab

Ketiga, Ingatlah akan janji Allah terhadap orang yang mau bersabar dalam menghadapi masalah akan mendapatkan Kemenangan dan pahala.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa ada dua cara dalam menyelesaikan masalah besar, atau mengahadapi musuh.
Pertama, segala permasalahan yang ada harus dihadapi, tak boleh lari dari masalah itu dengan belajar, bertanya akan solusinya.

Kedua, Memperbanyak berdzikir kepada Allah, karena Ia yang mampu memudahkan segala urusan yang kita hadapi.

Leave a Reply