Guru agama, santri

Cara Agar Menjadi Pribadi Bijak

Kedewasaan seseorang tak bisa diukur dari segi umur karena kadang orang yang berumur pemikirannya seperti anak yang masih bau kencur, sebaliknya, banyak anak muda yang prilakunya sudah dewasa.

Abu Abdurrahman dalam Tabaqat As-Sufiyah Mengutip perkataan Syah al-Kirmani,

ﻋﻼﻣﺔ اﻟﺤﻜﻤﺔ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺃﻗﺪاﺭ اﻟﻨﺎﺱ

Tanda orang bijaksana adalah mampu mengetahui kemampuan orang lain.

Untuk mendapatkan hikmah kehidupan, seseorang harus melakukan beberapa hal seperti yang diungkapkan oleh Syeh Yusuf bin Al-Hussein,

ﺑﺎﻷﺩﺏ ﺗﻔﻬﻢ اﻟﻌﻠﻢ ﻭﺑﺎﻟﻌﻠﻢ ﻳﺼﺢ ﻟﻚ اﻟﻌﻤﻞ ﻭﺑﺎﻟﻌﻤﻞ ﺗﻨﺎﻝ اﻟﺤﻜﻤﺔ ﻭبالحكمة ﺗﻔﻬﻢ اﻟﺰﻫﺪ ﻭﺗﻮﻓﻖ ﻟﻪ ﻭﺑﺎﻟﺰﻫﺪ ﺗﺘﺮﻙ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺑﺘﺮﻙ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺗﺮﻏﺐ ﻓﻲ اﻵﺧﺮﺓ ﻭﺑﺎﻟﺮﻏﺒﺔ ﻓﻲ اﻵﺧﺮﺓ ﺗﻨﺎﻝ رضى الله

Dengan etika kamu akan mendapatkan ilmu, dengan bekal ilmu, amalmu akan diterima.Bila Amalmu diterima maka kamu akan mendapatkan hikmah. Dan dengan hikmah kamu akan menjadi orang yang Zuhud (tak gila akan dunia) dan langkahmu Sesuai anjuran. Dengan Zuhud kamu tak terlena dunia dan itu kunci menuju akhirat yang akan menghantarkan mu mendapatkan Ridha Allah.

Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa seseorang yang hendak mendapatkankan hikmah segala sesuatu maka ia harus memiliki ilmu dan mengamalkannya karena hal itu kuncinya kesuksesan dalam meraih keuntungan didunia  dengan mampu menempatkan sesuatu sesuai pada tempatnya juga mendapatkan keuntungan akhirat yaitu mendapatkankan Ridha-Nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *