Doa Agar Diberikan Ilmu yang Bermanfaat (3)

ILMU Menurut Ali bin Abi Tholib, Ini Penjelasannya

Salah satu golongan yang akan diangkat derajatnya oleh Allah adalah orang yang memiliki ilmu. Orang yang berilmu dan mampu mengamalkannya dapat disebut alim. Kata “ulama” merupakan jamak (plural) dari kata “alim” yang di dalam Al-Qur’an dikategorikan sebagai orang-orang yang memiliki rasa takut (khauf) yang luar biasa kepada Allah.

Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, seseorang harus melalui belajar bukan memperbanyak wiridan atau tiduran. Abu Naim al-Asfihani mengutip penjelasan dari sahabat Ali bin Abi Thalib yang mengupas kata “ilmu” yang tersusun dari huruf ain, lam, dan mim, ternyata setiap hurufnya memiliki makna yang mendalam.

Pertama, huruf “ain” atau (ع) bermakna al-Uluw (العلو) artinya tinggi atau luhur. Maksudnya adalah orang yang berilmu kelak akan mendapatkan kedudukan yang tinggi dihadapan Allah dan makhluk-Nya.

Kedua, huruf “lam” atau (ل) yang menunjukkan kata “al-Lutfu” (اللطف)artinya lembut. Ini mengisyaratkan bahwa orang yang berilmu harus memiliki watak yang lembut, bukan berwatak temperamen atau cepat emosian.

Ketiga, huruf “mim” atau (م) yang menunjukkan kata “al-Muru’ah” (المروءة) artinya harga diri. Ini menjadi instrumen bahwa orang yang berilmu harus menjaga harga dirinya dengan tak merendahkan dirinya demi menggapai kepentingan sesaat.

Dari penjelasan ini, orang yang berilmu harus berkomitmen untuk mencari Ridha Allah sebagai dasarnya karena tanpanya ia hanya mendapatkan kedudukan yang semu di mata manusia dan ia harus memiliki sifat sopan santun kepada siapapun terutama kepada orang yang tak berilmu juga harus menjaga harga dirinya sehingga ia tak diremehkan oleh orang lain.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *