Keistimewaan Puasa Menjauhkan dari Neraka 70 Tahun - masholeh.com
1 views
makanan, puasa

makanan, puasa

Salah satu rukun Islam adalah berpuasa di bulan Ramadhan. Peranan puasa sangat penting bagi kehidupan manusia terutama menyangkut urusan kesehatan jasmani maupun Ruhani. Dengan puasa membentuk manusia yang taat beragama dan bertakwa akan perintah Tuhannya karena sebagai sarana atau wasilah untuk meraih keutamaannya.

Diantara keutamaan puasa adalah dapat menjauhkan pelakunya dari siksaan api neraka yang sangat mengerikan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ اﻟﺨﺪﺭﻱ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ: “ﻣﺎ ﻣﻦ ﻋﺒﺪ ﻳﺼﻮﻡ ﻳﻮﻣﺎ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ اﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺑﺎﻋﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﺬﻟﻚ اﻟﻴﻮﻡ ﻭﺟﻬﻪ ﻋﻦ اﻟﻨﺎﺭ ﺳﺒﻌﻴﻦ ﺧﺮﻳﻔﺎ” ﻣﺘﻔﻖ عليه

Artinya:
“Diriwayatkan dari Abi Sa’id Al Khudri Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah bersabda: tidaklah seseorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah (Sabilillah) maka Allah akan menjauhkan diriya dari siksa neraka 70 tahun. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga:

Keistimewaan Puasa yang jarang Diketahui Orang

Dari sini dapat dipahami bahwa peranan puasa adalah mampu meredam nafsu juga menangkis segala pengaruh syaitan yang hendak menyesatkan manusia sehingga puasa sebagai kontrol diri dari kejahatan yang menyebabkan seseorang bisa masuk neraka terutama puasa ramadhan mempunyai banyak kelebihan diantaranya pintu rahmat Tuhan terbuka bagi hambanya yang selalu berharap ampunannya.

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa orang yang berpuasa mampu menjaga dari segala kemaksiatan dan mampu meredam syahwat karena orang yang kebanyakan makan akan membawa banyak dampak negatifnya serta mendatangkan banyak penyakit.

Baca juga:

Bolehkah Niat Puasa Saat Sedang Shalat?

Puasa merupakan sarana untuk menuai segala kebaikan terutama mampu mengontrol emosi diri sehingga mampu menjadi orang yang mempunyai harga diri dan mampu merasakan seperti yang dirasakan oleh orang lain sehingga menjadi insan yang perasa karena terbiasa dengan olah rasa yaitu dengan berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *