Kajian Islam

Keistimewaan Shalawat As-Sa’adah, Baca sekali pahalanya sama dengan 600.000 Shalawat

Shalawat kepada Nabi Muhammad merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah. Bahkan Dia memulai terlebih dahulu untuk bershalawat lalu para Malaikat mengikuti-Nya.

Dari sini, orang yang mau memperbanya membaca shalawat maka akan diberikan banyak keistimewaan diantaranya selalu didoakan para Malaikat dan diakhirat akan dekat dengan Nabi Muhammad.

Ada banyak ragam shalawat seperti Shalawat Ibrahimiyyah, Shalawat Nariyah, Shalawat Munjiyat dan sebagainya. Namun disini akan dikupas tentang keistimewaan shalawat As-Sa’adah. Ini bunyinya:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله

Alllahumma shalli ala sayyidina Muhammad adadama fi ilmillah shalatan daimatan bidawami Mulkillah

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat kepada Baginda Nabi Muhammad sebanyak hitungan ilmu Allah, shalawat yang selalu mengalir terus menerus selama Kerajaan Allah masih kekal.

Baca juga:

Menurut Imam As Shawi yang menukil pendapat perkataan ulama yang menjelaskan bahwa shalawat ini bila dibaca sekali maka pahalanya sama dengan enam ratus ribu shalawat. Kenapa dinamakan shalawat As-Sa’adah atau shalawat keberuntungan?

Alasannya adalah orang yang mau membacanya akan diberikan keberuntungan saat di dunia maupun sampai akhirat dengan berkahnya shalawat kepada Nabi Muhammad.

Sedangkan menurut Syeh Zaini Dahlan dalam Majmu’nya menyatakan bahwa orang yang mau membacanya sebanyak 1000 kali pada malam Jum’at maka ia akan menjadi orang yang beruntung. Penjelasan diatas dapat ditemukan dalam kitab Afdhalus Shalawat karya Syeh Yusuf An-Nabhani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *