Ketika Ada Angin Kencang, Dianjurkan untuk Berdoa

Gejala alam akhir-akhir ini cukup menyita pikiran banyak orang, mulai banyaknya gempa, tsunami, serta angin yang cukup ekstrim. Nabi Muhammad memberikan anjuran kepada umatnya untuk selalu berdoa agar diberikan kebaikan dan keselamatan dari marabahaya terutama disaat ada angin kencang.

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: “اﻟﺮﻳﺢ ﻣﻦ ﺭﻭﺡ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﺗﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺮﺣﻤﺔ، ﻭﺗﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﻌﺬاﺏ، ﻓﺈﺫا ﺭﺃﻳﺘﻤﻮﻫﺎ ﻓﻼ ﺗﺴﺒﻮﻫﺎ، ﻭﺳﻠﻮا ﺧﻴﺮﻫﺎ، ﻭاﺳﺘﻌﻴﺬﻭا ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻫﺎ”.

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda: “Angin termasuk rahmat Allah. Kadang membawa Rahmat, juga sebagai ujian. Maka jika kalian melihatnya maka jangan mencelanya, tapi mintalah kepada Allah akan kebaikan Angin itu, serta minta perlindungan Allah dari kejelekannya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Menurut Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan bahwa Hadits ini sebagai Ta’dib atau bentuk pengajaran dari Allah sebagai bentuk kasih sayangnya, terutama disaat ada angin besar yang melanda maka berdoalah untuk meminta kebaikan dari-Nya.

Dari sini kita mengetahui bahwa Allah menciptakan Segala sesuatu menyimpan banyak hikmah di dalamnya. Dan semoga kita mendapatkan kemudahan untuk mendapati hikmah-hikmah tersebut. Amin.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *