Nabi Adam Menerima 4 Perintah Ini saat Diturunkan ke Bumi - masholeh.com
0 views
BUMI, NABI ADAM

BUMI, NABI ADAM

Allah Maha mengatur segala urusan makhluk-Nya mulai dari urusan rizki, kedudukan sampai urusan kematian. Ini semua menunjukkan bahwa Ia sebagai Tuhan yang berhak disembah.

Setiap manusia dibekali oleh Allah dengan berbagai macam fasilitas mulai dari badan yang sehat, akal yang cermat, penglihatan yang akurat, jalan bisa cepat, semuanya sebagai pendukung agar manusia mampu berusaha untuk menggapai sesuatu yang ia harapakan.

Allah memberikan anugerah ini agar manusia mampu memimpin dirinya sendiri sehingga tak mudah mengeluh, menggantungkan diri kepada orang lain. Bukti keagungan Allah adalah menciptakan makhluknya dengan berbagai variasi ada yang kaya dan miskin, juga ada yang pintar dan kurang. Hikmahnya adalah agar manusia saling menghormati dan membantu satu dan yang lainnya.

Ketika Nabi Adam diturunkan ke dunia disebabkan karena ia tertipu oleh bisikan syaitan yang mempengaruhi dirinya agar melakukan hal-hal yang dilarang oleh Tuhannya. Menurut Imam Ar-Razi dalam Tafsirnya, ia mengutip perkataan Imam Hasan yang menjelaskan bahwa Allah memberikan empat perintah untuk dilakukan oleh dirinya dan keturunannya.

Pertama, Yang berkaitan dengan Allah yaitu untuk tidak menyekutukan-Nya dengan apapun juga.

Kedua, Yang berkaitan dengan diri Nabi Adam bahwa jika ia berbuat kebaikan maka kebaikan akan kembali kepada dirinya sendiri dengan mendapatkan pahala amal perbuatannya.

Ketiga, Yang berkaitan dengan diri Nabi Adam dan Tuhannya adalah anjuran untuk selalu berdoa, meminta kepada-Nya, ketika hal ini sudah dilakukan maka Allah-lah yang akan mengkabulkan permintaannya.

Keempat, hal yang berkaitan dirinya dengan orang lain yaitu bergaul dengan baik dan mencintai mereka seperti mencintai dirinya sendiri.

Dari penjelasan ini, kita sebagai keturunan Nabi Adam harus menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, jangan gara-gara urusan sesaat menjadikan permusuhan yang tak ada akhirnya sehingga merugikan semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *