Khutbah Jum’at Inspiratif di Masjid Cikal Harapan BSD

Tangerang Selatan, (Jum’at, 16 Agustus 2019). Banyak warga masyarakat diberbagai daerah menyambut HUT RI ke 74 dengan berbagai macam acara juga lomba yang unik dan atraktif. Ini bertujuan untuk menyemarakkan dan mensyukuri nikmatnya kemerdekaan.

Dalam menyambut HUT RI, ustadz Moh Afif Sholeh  selaku khatib Jum’at di Masjid Cikal Harapan  BSD mengupas tentang pentingnya kaderisasi penerus bangsa dengan tema “Belajar Kaderisasi Penerus Bangsa dari Nabi Ibrahim,”

Baca juga: http://masholeh.com/hikmah-kemerdekaan-jangan-mau-di-adu-domba/

Tema ini sangat penting untuk dikaji oleh semua kalangan karena anak-anak kita  merupakan tumpuan untuk meneruskan estafet kepemimpinan baik di tingkat keluarga, rt, rw desa, keluarahan, kecamatan, kabupaten, kota, propinsi bahkan negara. 

Khatib dan Imamnya sangat menggebu-gebu dalam menyampaikan khutbahnya dengan tujuan untuk menggugah kesadaran semua kalangan terutama anak-anak yang memiliki fisik yang kuat, pikirannya cermat, penglihatannya akurat, wajah yang mengkilat walau kadang penuh jerawat, tapi itu tak terlalu gawat karena banyak obat di toko terdekat.

Baca juga: http://masholeh.com/khutbah-jumat-tiga-perintah-tiga-larangan/

Salah satu nabi yang patut dicontoh dalam kaderisasi kepemimpinan adalah Nabi Ibrahim. Ia seorang Nabi yang mendapatkan gelar Khalilullah (kekasih Allah) juga dijadikan panutan dalam beragama atau seorang imam. Kedudukan yang mulia ini tidak didapatkan secara instan tetapi melalui proses yang panjang setelah lulus menghadapi ujian berat yang diberikan kepadanya.
Nabi Ibrahim sadar betul bahwa ajaran-ajarannya tak akan diserap oleh keturunannya jika ia tak memberikan arahan dan bimbingan secara maksimal baik secara teori maupun penerapannya. 

Disamping itu, kunci kesuksesan Nabi Ibrahim dalam mengkader keturunannya adalah dengan  kekuatan doa yang selalu dipanjatkannya kepada Allah. Doa orangtua kepada anak-anaknya akan mudah dikabulkan. Hal ini menjadi pelajaran penting bagi generasi penerus untuk memotivasi dan menguatkan mental serta tak melupakan doa yang mampu merubah segalanya.

Moh Afif Sholeh, M.Ag.

Seorang penggiat literasi, serta aktif di kajian ISMA' Center (Islami Studies and Maqasid Al-Syariah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *