kisah, basmalah

Kisah Inspiratif yang Berkaitan dengan Basmalah (Bagian 1)

Basmalah adalah bacaan bismillahirrahmanirrahim yang artinya dengan menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bila kalimat ini dibaca ternyata membawa keberkahan tersendiri bagi yang membacanya.

Salah satu kisah menarik yang berkaitan dengan basmalah adalah taubatnya seorang munafik yang melihat karamah dari basmalah. Kisah ini tertuang dalam Kitab an-Nawadir karya Syeh Shihabuddin bin Salamah al-Qalyubi.

baca juga: Tafsir ‘Basmalah’ Menurut Ibnu Abbas

Ada seorang istri yang mempunyai suami orang munafik. Kebiasaan sang istri ketika melakukan aktivitas apapun, ia selalu memulai dengan basmalah. Mendengar Basmalah yang selalu ia baca, suaminya merasa jengkel seolah telinganya terasa terbakar, sehingga pada suatu hari suaminya berinisiatif untuk menyembunyikan dompet sang istri yang selalu disimpan ditempat khusus, kemudian suaminya mengambil dan membuang ke dalam sumur.
Suaminya lantas bertanya kepada istrinya:
“Dimana dompetmu, aku butuh sesuatu.”tuturnya.
Kemudian Istrinya segera mengambilnya dengan membaca bismillah terlebih dahulu.

Disaat sang istri hendak mengambil dompetnya, Allah memerintahkan kepada Malaikat untuk mengambil dompet itu dan mengembalikan ke tempat semula.

baca juga: Saat Kita Mengamalkan Doa yang tak Diajarkan Oleh Nabi, Salahkah?

Dan istri orang munafik tadi mengambil dompetnya lalu memberikan kepada suaminya. Melihat kejadian ini sang suami langsung Taubat tak mengulangi perbuatannya lagi setelah melihat keajaiban dari Basmalah.

Kisah ini menjadi pelajaran untuk kita, agar setiap melakukan sesuatu sebaiknya mengawali dengan membaca bismillah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *