Klasifikasi Dosa menurut Imam Al-Ghazali

Manusia selalu diselimuti rasa ketakutan saat melakukan kesalahan atau kejahatan lainnya. Ia khawatir bila kesalahannya ini terbongkar serta tersebar ke khalayak publik sehingga aib dirinya, keluarganya  terekspos oleh media.

Al-Ghazali dalam kitab Minhajul Abidin mengklasifikasikan perbuatan dosa menjadi tiga bagian.
Pertama, meninggalkan kewajiban-kewajiban yang harus ia kerjakan seperti meninggalkan shalat, tak berpuasa ramdhan, serta tak membayar zakat.

Kedua, Dosa yang berkaitan dengan Allah seperti mengkonsumsi minuman yang memabukkan atau melakukan zina.

Baca juga: https://masholeh.com/ini-ciri-ciri-orang-yang-telah-bertaubat/

Ketiga, Dosa yang berkaitan dengan sesama manusia. Ini lingkupnya cukup luas  menyangkut harga diri, harta, nyawa seseorang.

Untuk menghapus dosa-dosa ini tidak ada cara lagi kecuali dengan bertaubat. Dalam hal ini, Imam Al-Ghazali menjelaskan agar taubat diterima harus memenuhi tiga hal. Pertama, harus memiliki ilmu pengetahuan tentang bahaya dosa diantaranya sebagai penyebab terhalangnya seseorang dengan Tuhannya.

Kedua, Setelah manusia tahu akan bahaya dosa maka ia akan menyadari keadaan hati menjadi terbebani sehingga harus dijauhi.

Ketiga, ada perubahan perilaku, awalnya buruk berubah menjadi baik serta berusaha tak mengulangi lagi melakukan kesalahan yang sama.

Abu al-Lais as-Samarkandi dalam Tanbih al-Ghafilin menjelaskan bahwa orang yang bertaubat akan mendapatkan beberapa keistimewaan.

Pertama, Allah akan membersihkannya dari segala dosa sehingga ia seperti bayi yang terlahir dari rahim ibunya dengan tak memiliki dosa sama sekali.

Kedua, Allah akan mencintai hambanya yang bertaubat.

Ketiga, Ia akan terhindar dari godaan syaitan serta terjaga dari bisikannya.

Keempat, Allah akan memberikan rasa aman bagi hamba-hamba-Nya yang bertaubat terutama saat ajal mau menjemputnya.

Maka dari jadikanlah taubat sebagai evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik serta sebagai sarana agar dicintai oleh Allah.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *